Home » Penyebab Oli Mesin Berwarna Putih

Penyebab Oli Mesin Diesel Berwarna Putih

penyebab+oli+berwarna+putih
Penyebab Oli Mesin Diesel Berwarna Putih

Penyebab Oli Mesin Berwarna Putih – Artikel ini akan membahas tentang penyebab oli mesin berwarna putih. Faktor apa saja yang menjadi memperngaruhi permasalahan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya agar warna oli mesin dapat normal kembali.

Perubahan warna pada oli mesin pada umumnya akan menjadi hitam pekat setelah kurun waktu tertentu. Hal itu disebabkan oleh suhu panas yang terjadi di dalam mesin. Lalu, bagaimana jika oli mesin berubah warna menjadi putih?

Oli mesin merupakan cairan khusus yang berfungsi sebagai pelicin gesekan antar komponen mesin yang bergerak. Selain itu, oli mesin dapat juga difungsikan sebagai pendingin, pembersih, dan peredam getaran.

Penyebab oli mesin berubah warna menjadi putih (abu-abu) yaitu oli mesin bercampur dengan air. Hal ini  disebabkan oleh adanya kerusakan pada beberapa komponen mesin yang mengakibatkan air radiator mengalir ke ruang oli mesin. Sehingga air akan bercampur dengan oli dan warnanya akan berubah menjadi putih.

Kerusakan komponen mesin yang mempengaruhi oli mesin berubah putih tersebut biasanya disebabkan oleh kapasitas oli mesin yang kurang. Sehingga mengakibatkan mesin cepat panas dan merusak bagian-bagian pada mesin terutama komponen non logam.

Jika mengalami masalah oli mesin yang berubah warna  menjadi putih, harus segera melakukan perbaikan pada komponen yang rusak. Karena akan mengakibatkan performa mesin menurun. Bahkan bisa saja mesin menjadi macet (klok).

Lalu, faktor apa saja yang menyebabkan air bercampur oli sehingga oli mesin menjadi putih? Simak uraian berikut mengenai penyebab oli mesin berwarna putih dan cara memperbaikinya.

Penyebab Oli Mesin Berwarna Putih Dan Cara Mengatasinya

1. Karet Boring Rusak

Karet boring pada mesin diesel merupakan bagian pembatas antara ruang air pendingin dengan ruang oli mesin. Karena bahannya terbuat dari karet, tidak menutup kemungkinan jika karet boring lama kelamaan akan rusak. Apalagi letaknya yang memang berada di dekat ruang bakar, secara logika pun bahan yang terbuat dari karet jika terkena suhu yang tinggi pasti akan meleleh.

Jika karet boring telah meleleh, maka pembatas antara ruang air pendingin dengan ruang oli mesin pun akan mengalami kebocoran. Sehingga hal itu akan menyebabkan air pendingin masuk ke ruang oli mesin dan mengakibatkan kedua benda cair tersebut akan bercampur dan berubah warna menjadi putih.

2. Packing Head Rusak

Packing head adalah bagian yang menghubungkan antara badan mesin dengan silinder head. Sedangkan air pendingin yang menuju ke silinder head, secara otomatis akan melewati lubang pada packing head. Namun apabila packing head mengalami kerusakan, maka air pendingin akan meresap ke dalam ruang bakar dan mengalir ke ruang oli mesin.

Dan akhirnya air pendingin pun akan tercampur dengan oli mesin. Sedangkan kerusakan packing head itu sendiri bisa disebabkan oleh baut silinder head yang kendor atau karena pengaruh tekanan kompresi dan getaran mesin. Cara mengatasi permasalahan ini yaitu dengan penggantian packing head yang baru.

3. Silinder Head Retak

Hal lain yang menyebabkan oli mesin diesel berubah warna menjadi putih adalah silinder head mengalami keretakan atau mungkin pecah. Pada mesin diesel, selain sebagai tempat dudukan klep, silinder head juga memiliki ruang untuk sirkulasi air pendingin.

Jika silinder head mengalami keretakan atau pecah , maka air pendingin akan mengalir melalui bagian yang retak tadi dan menuju saluran sirkulasi oli mesin yang terdapat pada silinder head itu juga. Dan akhirnya air pendingin pun akan mengalir menuju ruang oli mesin dan bercampur dengan oli mesin. Sehingga oli mesin pun akan berubah warna menjadi putih.

Untuk mengatasi masalah seperti ini kita harus menutup bagian yang retak tadi dengan cara pengelasan. Namun apabila setelah dilakukan pengelasan masih terdapat kebocoran, mala langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan mengganti silinder head yang baru.

Demikianlah ulasan mengenai  penyebab oli mesin berwarna putih dan cara mengatasinya. Semoga  bermanfaat dan dapat dijadikan solusi bagi yang mengalami masalah oli mesin berwarna putih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top