Info Baru Bagian – Bagian Tarikan Starter Lengkap

Bagian – Bagian Tarikan Starter Lengkap

bagian-bagian tarikan starter lengkap
Bagian – Bagian Tarikan Starter
Bagian – Bagian Tarikan Starter Lengkap – Recoil starter merupakan bagian dari mesin penggerak berbahan bakar bensin maupun solar. Fungsi dari recoil starter itu sendiri adalah sebagai pembantu memicu putaran dalam proses awal menghidupkan mesin. Sistem kerja recoil starter ini hanya berpusat pada sebuah pir. Dimana pir tersebut akan mengembalikan tali yang telah ditarik untuk proses menghidupkan mesin.

Dengan adanya recoil starter yang terdapat pada mesin, tentu akan sangat memudahkan kita dalam langkah awal menghidupkan mesin. Karena kita hanya perlu sedikit tenaga untuk menarik recoil starter tersebut. Berbeda dengan mesin yang recoil starternya sudah terlepas karena rusak atau hilang. Kita harus bersusah payah menggunakan tali untuk menghidupkan mesin penggerak tersebut.

Namun tahukah Anda apa saja bagian-bagian yang terdapat pada recoil starter? Recoil starter merupakan gabungan dari beberapa bagian yang menjadi satu unit sehingga menghasilkan sebuah kinerja yang saling berhubungan untuk melakukan proses perputaran. Dan berikut merupakan komponen tarikan starter beserta fungsinya.

Bagian – Bagian Tarikan Starter Lengkap Dan Fungsinya

1. Pir Starter

Pir pada recoil starter ini memiliki bentuk melingkar seperti obat nyamuk dan terdapat pengait pada kedua ujungnya. Pir ini terletak di bagian paling bawah sendiri dan melekat pada puli starter. Pir ini berfungsi untuk mengembalikan puli starter ke posisi awal setelah berputar ditarik oleh tali starter.

2. Puli Starter

Puli starter merupakan bagian yang berbentuk lingkaran roda yang berfungsi sebagai tempat menggulungnya tali starter dan juga sebagai tempat dudukan pir starter. Puli starter ini biasanya terbuat dari bahan plastik.

3. Pelatukan

Pelatukan adalah bagian yang berfungsi sebagai pengait antara recoil starter dengan poros mesin.  Pelatukan ini biasanya terbuat dari bahan plat, besi bulat, atau plastik. Sistem kerja dari pelatukan ini adalah mengembang pada saat recoil starter ditarik dan menutup kembali pada saat tali starter kembali ke posisi semula.

4. Baut Pengunci

Baut pengunci merupakan sebuah baut yang memiliki desain khusus untuk mengencangkan puli yang yang berada pada recoil starter. Pada baut ini tedapat plat lingkaran yang berfungsi sebagai alur pergerakan dari pelatukan. Dan pada baut pengunci ini biasanya terdapat pir penahan, namun ada juga yang tidak menggunakan pir penahan tergantung dari jenis dari recoil starter itu sendiri.

5. Tali Dan Pegangan

Tali pada recoil starter ini digunakan untuk menarik puli yang berfungsi sebagai penghasil atau pembuat putaran. Dan pada ujung tali pada recoil starter ini terdapat sebuah pegangan yang berfungsi untuk memudahkan recoil tersebut agar mudah ditarik.

Itulah bagian – bagian tarikan starter lengkap dan fungsinya yang berada pada sebuah mesin penggerak. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *