Servis Cara Mengatasi Mesin Gerinda Bergetar

Cara Mengatasi Mesin Gerinda Bergetar

cara mengatasi mesin gerinda bergetar
Cara Mengatasi Mesin Gerinda Bergetar

Cara Mengatasi Mesin Gerinda Bergetar – Kerusakan pada mesin gerinda tangan memang sangat mengganggu ketika menggunakan mesin gerinda tersebut. Salah satu kerusakan pada mesin gerinda tangan yang sering terjadi yaitu mesin bergetar, sehingga membuat tangan kita pegal dan cepat lelah pada saat menggerinda.

Jika mesin gerinda tangan kita bergetar pada saat digunakan, sebaiknya kita berhenti menggerinda dulu dan melakukan perbaikan. Karena, jika tidak segera diperbaiki, getaran tersebut akan semakin  bertambah besar dan mengakibatkan kerusakan yang lebih serius.

Untuk mengatasi mesin gerinda tangan yang bergetar, kita perlu melakukan pembongkaran dan mencari penyebabnya. Dengan menemukan penyebabnya, barulah kita dapat mengatasi getaran yang tersebut. Dan berikut merupakan faktor-faktor yang sering menjadi penyebab mesin gerinda bergetar beserta cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Gerinda Bergetar

Penyebab dari permasalahan mesin gerinda tangan yang bergetar yaitu putaran rotor yang sudah tidak seimbang. Ketidakseimbangan putaran tersebut dapat disebabkan oleh beberapa komponen yang memperngaruhinya,  seperti :

1. Bearing Koclak

Pada umumnya, mesin gerinda tangan memiliki 3 buah bearing. Bearing tersebut merupakan tumpuan berputarnya poros dari mesin gerinda tangan. Apabila salah satu bering tersebut koclak /goyang, maka perputaran poros tersebut akan berputar tidak beraturan yang mengakibatkan getaran pada mesin gerinda tangan tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, periksalah setiap bearing dengan menggoyang semua bearing pada mesin gerinda tangan tersebut. Jika terdapat bearing yang koclak, maka gantilah bearing tersebut sesuai dengan nomernya.

2. Dudukan Bearing Longgar

Melonggarnya rumah bearing ini biasanya disebabkan oleh bearing yang seret. Sehingga bearing tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan mengikis rumah bearing yang kemudian menjadi longgar. Jika rumah bearing menjadi longgar, maka putaran poros mesin gerinda tangan pun akan bergoyang dan menghasilkan getaran yang besar.

Masalah ini dapat diatasi dengan memberi ganjal melingkar (sopak) pada rumah bearing tersebut, agar posisi bearing tidak goyang. Ganjal tersebut sebaiknya berbahan plat besi yang tipis agar tidak mudah terkikis.

3. Kipas Armature Tidak Sejajar

Penyebab mesin gerinda tangan bergetar yang lain yaitu kipas armature tidak sejajar. Namun, penyebab ini hanya terjadi pada armature yang memiliki kipas yang terbuat dari plat. Tidak sejajarnya kipas armature ini biasanya karena posisi dari baling-baling kipas tersebut ada yang bengkok, sehingga menyebabkan putaran armature menjadi tidak seimbang.

Untuk mengatasi masalah ini, kira cukup menyejajarkan posisi baling-baling kipas armature tersebut dengan menggunakan tang. Pastikan posisi kemiringan baling-baling kipas armature tersebut sama dan sejajar sebelum memasangnya kembali.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin gerinda tangan yang bergetar. Semoaga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *