Home » Info Baru » Penyebab Genset Mini Tidak Keluar Listrik

Penyebab Genset Mini Tidak Keluar Listrik

penyebab genset mini tidak keluar listrik
Penyebab Genset Mini Tidak Keluar Listrik

Penyebab Genset Mini Tidak Keluar Listrik – Mesin genset tipe ET 950 adalah mesin genset mini yang menggunakan bahan bakar bensin campur dan memiki kapasitas tegangan sekitar 650 watt. Bentuknya fisiknya yang relatif berukuran kecil, sangat memudahkan alat ini untuk dibawa kemana – mana.

Dengan ukurannya yang mini dan bentuknya  yang potable, banyak orang yang memanfaatkan mesin gense tipe ET 950 ini sebagai sumber penerangan. Seperti para nelayan, pedagang asongan dan jenis wirausaha lainnya yang bergerak di malam hari.

Meskipun sangat mudah dan efisien dalam penggunaannya, terkadang mesin genset ini mengalami permasalahan. Permasalahan yang sering muncul pada mesin genset ini yaitu hilangnya tegangan meskipun mesin dalam keadaan hidup.

Untuk mengatasi masalah mesin genset tipe ET 950 yang tidak keluar tegangan sangat mudah dan sederhana. Kita hanya perlu mengurut jalur kabel yang keluar dari  saluran gulungan generator. Namun jika semua jalur kabel normal atau tidak ada yang putus, maka kita harus mengecek bagian – bagian yang berhubungan dengan kelistrikan mesin genset tersebut.

Penyebab Mesin Genset Mini Tidak Keluar Listrik

1. Kapasitor Meleleh

Penyebab yang paling utama dari hilangnya arus listrik pada genset mini yaitu kapasitor meleleh atau rusak. Hal ini biasanya disebabkan oleh pemakaian daya listrik yang berlebihan sehingga menyebabkan kapasitor tersebut meleleh. Untuk mengatasi masalah ini, gantilah kapasitor yang rusak tersebut dengan yang baru dengan ukuran kapasitas yang sama.

2. Tombol AC Reset / Circuit Breaker Rusak

Circuit breaker merupakan tombol otomatis yang berfungsi sebagai pengaman. Jika pemakaian daya melebihi kapasitas listrik genset, maka tombol tersebut akan otomatis menonjol keluar dan aliran listrik akan terputus. Untuk mengatasi masalah ini, kita cukup menekan tombol circuit breaker tersebut hingga kembali seperti semula.

3. Resistor Gulungan Generator Putus

Resistor ini terletak di dalam gulungan generator atau tepatnya di bagian lilitan tembaga. Jika resistor tersebut putus, maka aliran listrik dari generator tersebut tidak dapat mengalir keluar. Untuk mengatasi masalah ini, gantilah resistor yang putus tersebut dengan yang baru.

4. Gulungan Generator Terbakar

Penyebab yang terkahir yaitu gulungan generator pada mesin genset mini tersebut terbakar yang biasanya di tandai oleh bau gosong dan keluar asap. Selain itu lilitan tembaganya pun berubah warna menjadi hitam. Untuk mengatasi maslah ini kita harus menggulung ulang generator tersebut.

Itulah beberapa penyebab dari mesin genset tipe ET 950 yang tegangannya tidak keluar atau hilang. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top