Home » Info Baru » Penyebab Genset Mini Tidak Keluar Listrik

Penyebab Genset Mini Tidak Keluar Listrik

penyebab+genset+mini+tidak+keluar+listrik
Penyebab Genset Mini Tidak Keluar Listrik

Penyebab Genset Mini Tidak Keluar Listrik – Mesin genset tipe ET 950 adalah mesin genset mini yang menggunakan bahan bakar bensin campur dan memiki kapasitas tegangan listrik sekitar 650 watt. Bentuknya fisiknya yang relatif berukuran kecil, sangat memudahkan alat ini untuk dibawa kemana-mana.

Dengan ukurannya yang mini dan desain portable, banyak orang yang memanfaatkan mesin gense tipe ET 950 ini sebagai sumber penerangan. Contohnya seperti para nelayan, pedagang asongan dan berbagai jenis wirausaha yang bergerak di malam hari.

Meskipun sangat mudah dan efisien dalam penggunaannya, terkadang mesin genset mini ini mengalami permasalahan. Permasalahan yang sering muncul antara lain hilangnya tegangan listrik meskipun mesin dalam keadaan hidup.

Untuk mengatasi masalah tegangan listrik yang tidak keluar pada mesin genset mini cukup mudah dan sederhana. Kita hanya perlu meneliti jalur kabel yang keluar dari saluran generator. Namun, jika semua jalur kabel dalam keadaan normal, maka kita harus mengecek bagian-bagian yang berhubungan dengan kelistrikan pada mesin genset.

Penyebab Mesin Genset Mini Tidak Keluar Listrik

Diantara penyebab mesin genset mini tidak keluar tegangan listrik antara lain:

1. Kapasitor Meleleh

Penyebab utama dari hilangnya arus listrik pada genset mini yaitu kapasitor meleleh atau rusak. Hal ini biasanya disebabkan oleh pemakaian daya listrik yang melebihi kapasitas genset, sehingga menyebabkan kapasitor meleleh.

Baca Juga :  Manfaat Kipas Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk mengatasi masalah seperti ini, cukup ganti kapasitor yang rusak tersebut dengan yang baru dengan ukuran dan kapasitas yang sama.

2. Tombol AC Reset / Circuit Breaker Rusak

Circuit breaker atau tombol AC reset merupakan tombol otomatis yang berfungsi sebagai pengaman arus listrik. Jika pemakaian daya listrik melebihi kapasitas genset, maka tombol tersebut akan otomatis menonjol keluar dan aliran listrik akan terputus.

Jika setelah genset dimatikan dan tombol circuit breaker ini tidak kembali seperti semula, maka artinya tombol tersebut rusak. Untuk mengatasi masalah ini, kita cukup menekan tombol circuit breaker tersebut hingga kembali seperti semula.

3. Resistor Gulungan Generator Putus

Resistor ini terletak di dalam gulungan generator atau tepatnya di bagian lilitan tembaga. Jika resistor tersebut putus, maka aliran listrik dari generator tersebut tidak dapat mengalir keluar. Untuk mengatasi masalah ini, gantilah resistor yang putus tersebut dengan yang baru.

4. Gulungan Generator Terbakar

Penyebab yang terkahir yaitu gulungan generator pada mesin genset mini tersebut terbakar yang biasanya di tandai oleh bau gosong dan keluar asap. Selain itu lilitan tembaganya pun berubah warna menjadi hitam. Untuk mengatasi maslah ini kita harus menggulung ulang generator tersebut.

Itulah beberapa penyebab dari mesin genset mini dengan tipe ET 950 yang tegangan listriknya tidak keluar atau hilang dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Kipas Angin Dan Gambarnya

Artikel Terkait :

2 thoughts on “Penyebab Genset Mini Tidak Keluar Listrik”

  1. Mau tanya pak, genset pada saat digunakan normal2 saja lampu led dan bolam nyala tetepi tiba2 yg led mati dan yg bolam msih nyala. Kmd tiba2 tegangan nol tdk bs naik……KENAPA SPT ITU apa yg rusak. Note. Mesin msih tetap nyala tetapi lampu indikator mati. Trm kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top