Info Baru Mata Gerinda Dan Fungsinya

Mata Gerinda Dan Fungsinya

mata gerinda dan fungsinya
Mata Gerinda Dan Fungsinya

Mata Gerinda Dan Fungsinya – Mata gerinda atau yang sering disebut juga dengan batu gerinda, merupakan bagian dari mesin gerinda yang memiliki multifungsi sesuai dengan jenisnya. Diantara fungsi mata gerinda adalah untuk memotong, meratakan, menghaluskan, mengkilapkan, mengasah, menajamkan dan membentuk benda kerja. Untuk mengenal lebih lanjut tentang mata gerinda, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai mata gerinda dan fungsinya.

Sebagai komponen yang memiliki peranan utama pada mesin gerinda, kiha harus dapat membedakan jenis-jenis mata gerinda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Karena, mata gerinda ini memiliki bermacam-macam variasi jenis dan bentuk yang digunakan untuk berbagai keperluan penggerindaan material. Oleh sebab itu, kita jangan sampai salah dalam memilih mata gerinda yang akan digunakan. Karena dapat mengakibatkan kerusakan pada mata gerinda tersebut dan membahayakan keselamatan kerja.

Agar tidak terjadi kesalahan dalam menggunakan mata gerinda, sebaiknya kenali dulu jenis-jenisnya. Sehingga dalam menggerinda akan lebih mudah tanpa mengalami kendala seperti proses menggerinda yang lama atau mata gerinda pecah. Oleh sebab itu, simak pembahasan berikut ini mengenai jenis-jenis mata gerinda dan fungsinya sebagai wawasan yang mungkin bermanfaat untuk kita semua.

Macam – Macam Mata Gerinda Dan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, mata gerinda terbagi menjadi bermacam-macam jenis, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Mata Gerinda Potong

Mata gerinda potong merupakan jenis dari mata gerinda yang digunakan untuk memotong benda kerja menjadi beberapa bagian. Salah satu ciri khas dari gerinda potong ini yaitu memiliki bentuk yang tipis. Berdasarkan material yang digerinda, mata gerinda potong ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

Mata Gerinda Potong Besi

Mata gerinda jenis ini berfungsi untuk memotong material/benda kerja yang sifatnya keras (logam). Adapun jenis material yang sering dipotong menggunakan jenis mata gerinda ini yaitu besi, baja, dan stainless. Mata gerinda potong besi ini terbuat dari serbuk besi baja yang dipadatkan pada sebuah disk gerinda.

Mata Gerinda Pemotong Kayu

Sesuai dengan namanya, mata gerinda pemotong kayu ini digunakan untuk memotong material jenis kayu. Jenis mata gerinda kayu mempunyai ciri berbentuk lingkaran dan pada tepinya berbentuk seperti gergaji pada umumnya. Namun, pada setiap ujung mata gergajinya terdapat titik baja yang berfungi untuk mengoyak kayu hingga terpotong dengan cepat.

Mata Gerinda Potong Keramik

Bentuk fisik dari mata gerinda potong keramik yaitu terdapat lapisan baja yang mengelilingi tepi dari lingkarannya. Pada bagian tepinya terdapat celah-celah yang berfungsi sebagai tempat pembuangan sisa pemotongan dan sirkulasi udara. Sehingga mata gerinda tidak panas ketika digunakan untuk memotong keramik.

2. Mata Gerinda Asah

Mata gerinda asah merupakan jenis mata gerinda yang digunakan untuk meratakan dan mengikis permukaan benda kerja. Mata gerinda ini sering digunakan juga untuk menghilangkan kerak sisa pengelasan agar permukaan besi menjadi rata. Bentuk mata gerinda asah ini hampir mirip dengan mata gerinda potong, namun memiliki ketebalan yang lebih tebal dibandingkan dengan mata gerinda potong.

3. Mata Gerinda Fleksibel

Disebut dengan mata gerinda fleksibel karena memang memiliki sifat elastis (lentur). Bentuknya hampir mirip dengan mata gerinda potong besi. Namun, mata gerinda jenis ini memiliki kelenturan ketika digunakan untuk memotong benda kerja, sehingga hasil garis potong yang dihasilkan akan sedikit melebar. Mata gerinda fleksibel ini biasanya digunakan untuk mengikis area benda kerja yang letaknya sempit yang tidak dapat dijangkau oleh jenis mata gerinda lainnya.

4. Mata Gerinda Kawat

Mata gerinda kawat merupakan jeins mata gerinda yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran atau korosi yang melekat pada bagian permukaan benda kerja. Namun, dapat juga digunakan untuk mengkilapkan permukaan besi atau baja. Selain itu, jenis mata gerinda ini sering digunakan untuk menghilangkan kerak las.

5. Mata Gerinda Amplas

Berdasarkan benda kerjanya, mata gerinda amplas ini terbagi menjadi dua macam, yaitu :

Mata Gerinda Amplas Kayu

Mata gerinda amplas kayu merupakan jenis mata gerinda yang digunakan untuk mengamplas (meratakan) permukaan kayu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih halus dan rata. Mata gerinda amplas ini memiliki tingkat kehalusan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pilih tingkat kehalusannya sebelum menggunakannya agar hasilnya sesuai yang diinginkan.

Mata Gerinda Amplas Tembok

Sedangkan mata gerinda amplas tembok berfungsi khusus untuk meratakan permukaan dinding tembok. Selain itu, jenis mata gerinda ini juga dapat digunakan untuk mengikis permukaan granit/marble untuk menghasilkan permukaan yang rata dan membentuk material sesuai keinginan kita.

6. Mata Gerinda Polishing Pad

Mata gerinda ini terbuat dari lipatan-lipatan kain yang mengelilingi lingkaran mata gerinda dan tersusun rapi. Mata gerinda polishing pad ini digunakan untuk menghaluskan dan mengkilapkan permukaan benda kerja yang dilapisi cat. Biasanya mata gerinda polishing ini dipakai untuk mengkilapkan body mobil setelah di cet ulang.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis mata gerinda dan fungsinya. Sedikit tip untuk Anda yang hendak menggerinda, perhatikan dulu jenis material yang akan digerinda dan gunakan mata gerinda sesuai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *