Mesin Cara Menghidupkan Mesin Pemotong Kayu

Cara Menghidupkan Mesin Pemotong Kayu

cara menghidupkan mesin pemotong kayu
Cara Menghidupkan Mesin Pemotong Kayu

Cara Menghidupkan Mesin Pemotong Kayu – Mesin pemotong kayu merupakan sebuah mesin yang menerapkan sistem langkah kerja 2 tak. Oleh karena itu, mesin ini memiliki ciri khas suara yang keras. Namun, kegunaannya mesin pemotong kayu ini sangat dibutuhkan dalam urusan pekerjaan penebangan pohon dan pembelahan kayu.

Mesin yang memanfaatkan mata rantai sebagai alat pemotong atau pembelah kayu ini, sebenarnya tidak begitu sulit untuk menghidupkan dan menggunakannya. Namun, bagi yang belum pernah atau tidak terbiasa menggunakan mesin ini, janganlah sekali-kali untuk mencoba menggunakannya tanpa terlebih dahulu memahami cara pemakainnya.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai langka-langkah cara menghidupkan dan menggunakan mesin pemotong kayu. Bagi Anda yang hendak mencoba menghidupkan mesin pemotong kayu untuk pertama kalinya, sebaiknya baca dan pelajari dahulu sampai benar-benar paham tentang petunjuk penggunaannya.

Cara Menghidupkan Mesin Pemotong Kayu

1. Sebelum menghidupkan mesin pemotong kayu, pastikan mata rantai telah disetel terlebih dahulu dengan benar. Untuk menyetel mata rantai, kendorkanlah 2 baut pengencang bar terlebih dahulu. Kemudian atur baut setelan rantai yang biasanya berada di bawah baut pengencang bar.

2. Isilah tangki bahan bakar dengan bensin campur ( perpaduan bensin dan oli pelumas 2 tak ) kurang lebih setengah liter.

3. Tuangkan minyak pelumas rantai ( oli nomer 40 ) secukupnya pada tangki minyak pelumas.

4. Setelah itu, tariklah handel rem ke belakang supaya kampas kopling membuka dan putaran mesin bisa bermain bebas.

5. Tekan ( angkat ) tombol start ke posisi ON. Kemudian tutup choke dengan cara menarik tuas choke ke belakang.

6. Setelah itu, tariklah handel starter ( tarikan mesin ) sampai berbunyi letupan pada mesin. Setelah letupan berbunyi, kembalikan choke ke posisi semula. Kemudian tarik handel starter kembali sampai mesin penebang pohon tersebut hidup dan berbunyi stabil.

7. Untuk menggunakan mesin penebang pohon yang telah dihidupkan, kita hanya cukup memainkan gas dengan menekan tombol gas yang berada pada gagang pegangan belakang. Dan pastikan handel rem pada posisi ke belakang atau lepas.

8. Untuk mematikan mesin penebang pohon tersebut, kita cukup menekan tombol start ke posisi OFF. Jangan mematikan mesin penebang pohon dengan cara menarik choke, karena akan mengakibatkan mesin akan susah dihidupkan kembali dan busi menjadi hitam pekat.

Itulah langkah-langkah cara menghidupkan mesin pemotong kayu. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *