Home » Info Baru » Kegunaan Genset Yang Perlu Diketahui

Kegunaan Genset Yang Perlu Diketahui

kegunaan genset yang perlu diketahui
Kegunaan Genset Yang Perlu Diketahui
Kegunaan Genset Yang Perlu Diketahui – Di zaman modern seperti sekarang ini, listrik telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, banyak orang yang menyediakan genset untuk berjaga-jaga pada saat pemadaman listrik. Dan perlu diketahui bahwa kegunaan genset ini sangat penting sebagai sumber listrik cadangan.

Genset adalah mesin yang dapat menghasilkan listik. Kegunaan genset ini sering dimanfaatkan sebagai sumber listrik alternatif ketika terjadi mati lampu. Sehingga, alat ini banyak tersedia di tempat-tempat umum yang memerlukan energi listrik secara penuh. Seperti di sekolah, gedung perkantoran,  hotel, rumah saklit, pusat perdagangan, dan juga area lokasi proyek.

Mengetahui pentingnya fungsi genset tersebut, ada beberapa kalangan masyarakat yang sengaja menggunakan genset ini untuk rumah tangga. Karena memang manfaat genset ini sangat dibutuhkan jika listrik mati. Selain itu, genset yang merupakan sumber listrik ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan listrik lainnya sepereti yang kaan diuriakan berikut ini.

Kegunaan Genset Yang Perlu Diketahui

1. Sebagai Sumber Penerangan

Kegunaan genset yang pertama yaitu sebagai sumber penerangan. Sesuai dengan fungsinya, genset ini merupakan alat pembangkit listrik. Dan listrik yang keluar dari genset ini banyak digunakan sebagai sumber listrik penerangan pada saat mati lampu. Tidak hanya itu, genset ini juga banyak dipakai oleh para pedagang sebagai sumber penerangan di malam hari.

2. Untuk Menghidupkan Peralatan Listrik

Kegunaan genset yang kedua yaitu untuk menghidupkan peralatan listrik. Selain sebagai sumber penerangan, genset juga dapat digunakan untuk menghidupkan alat-alat yang menggunakan energi listrik. Seperti mesin gerinda tangan dan mesin bor, atau power tools lainnya yang digunakan dilokasi yang jauh dari sumber listrik.

3. Sumber Listrik Cadangan Di Gedung Perkantoran

Kegunaan genset juga sangat penting sebagai cadangan listrik di gedung-gedung perkantoran. Gedung perkantoran merupakan tempat yang membutuhkan energi listrik secara penuh dalam kesehariannya. Oleh karena itu, setiap gedung perkantoran pasti memiliki genset sebagai cadangan sumber listrik jika terjadi pemadaman.

4. Sebagai Sumber Listrik Di Area Proyek

Kegunaan genset selanjutnya yaitu sebagai sumber listrik di area proyak. Lokasi area proyek biasanya jauh dari sumber listrik. Sehingga, untuk mengoperasikan alat-alat proyek biasanya akan mengambil dari listrik genset. Selain untuk mengoperasikan alat-alat proyek, genset juga digunakan di lokasi proyek pada malam hari ketika over time atau shif malam.

5. Penyedia Listrik Di Sekolah

Sekolah merupakan tempat sarana bimbingan belajar mengajar yang membutuhkan penerangan yang harus dipenuhi. Sehingga, kegunaan genset ini sering manfaatkan untuk listrik penerangan dan menghidupkan peralatan seperti komputer ketika tejadi mati lampu di sekolah.

Itulah beberapa kegunaan genset sebagai sumber listrik yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dapat disimpulkan bahwa fungsi genset memiliki peranan yang sangat penting untuk kebutuhan listrik ketika mati lampu atau jauh dari sumber listrik.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top