Home » Servis » Mengatasi Mesin Genset Solar Susah Hidup

Mengatasi Mesin Genset Solar Susah Hidup

mengatasi mesin genset solar susah hidup
Mengatasi Mesin Genset Solar Susah Hidup
Mengatasi Mesin Genset Solar Susah Hidup – Salah satu masalah yang sering dijumpai pada mesin genset solar yaitu susah dihidupkan. Apalagi jika mesin genset solar tersebut didiamkan dalam waktu yang lama. Pastinya akan muncul masalah yang terjadi pada saat akan dihidupkan.

Selain mesin genset yang jarang digunakan, kasus mesin genset solar susah hidup juga dapat disebabkan oleh beberapa komponen yang mengalami kerusakan. Sehingga, sistem kerja dari mesin genset tersebut akan mengalami kegagalan.

Untuk mengatasi masalah pada mesin genset solar yang susah dihidupkan, tentu saja harus menganalisa dengan cermat penyebab apa saja yang menjadikan mesin genset susah dihidupkan. Dan berikut ini merupakan beberapa penyebab dari mesin genset solar susah hidup dan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Genset Solar Susah Hidup

1. Aki Drop

Mesin genset solar selalu menggunakan dinamo starter untuk melakukan start. Dinamo starter tersebut tentu saja harus disambungkan dengan aki agar dapat bekerja. Namun, jika aki yang digunakan drop (tidak ada arus listrik), maka dinamo starter tersebut tidak dapat berjalan dan mesin genset pun tidak dapat dihidupkan.

Cara mengatasi aki yang ngedrop, kita harus mengecash aki tersebut agar dapat menyimpan arus listrik yang cukup untuk menjalankan dinamo starter. Setelah aki disetrum dan terisi penuh, cobalah gunakan untuk menghidupkan mesin genset.

2. Masuk Angin

Mesin genset solar menggunakan bahan bakar solar untuk menghidupkan mesin. Dan masalah yang paling sering terjadi pada mesin solar yaitu masuk angin. Jika mesin mengalami masuk angin, maka akan susah dihidupkan.

Untuk mengatasi masuk angin pada saluran bahan bakar, caranya sangat mudah. Yaitu dengan melepas selang solar yang menuju pompa bahan bakar. Setelah selang terlepas, buanglah solar sampai alirannya lancar. Kemudian pasang kembali selang tersebut pada lubangnya. Dan cobalah hidupkan mesin genset solar tersebut.

3. Injektor Macet

Pada mesin genset solar yang jarang dinyalakan, biasanya bagian injektornya akan macet. Injektor ini terdiri dari pompa solar dan nozzle. Oleh karena itu, kita harus mengecek antara kedua bagian tersebut mana yang mengalami kerusakan.

Cara mengatasi injektor yang macet, bongkarlah bagian pompa solar dan rumah nozzle. Kemudian cucilah sampai bersih dengan soalr atau bensin. Jika terdapat komponen yang rusak, sebaiknya gantilah dengan yang baru.

Setelah selesai dibersihkan dan dipasang kembali, cobalah dicekterlebih  dahulu agar tekanan solar yang keluar dari injektor benar-benar kencang. Setelah memastikan tekanan solarnya bagus, barulah pasang kembali dan mencoba untuk hidupkan mesin genset.

4. Kompresi Lemah

Penyebab selanjutnya dari mesin genset solar susah hidup adalah kompresi lemah. Sehingga, tidak mampu untuk melakukan pembakaran. Ada tiga faktor yang menyebabkan kompresi menjadi lemah, yaitu boring aus, celah ring piston melebar, dan packing head bocor. Oleh karena itu, untuk mengetahui penyebab lemahnya kompresi, kita harus mengecek satu per satu bagian tersebut dengan cara membongkar mesin genset.

Jika mengalami boring aus atau termakan gesekan, lakukanlah korter pada boring tersebut. Jika menemukan celah ring piston telah melebar, gantilah dengan ring piston yang baru. Dan apabila mendapati packing head rusak yang menyebabkan kebocoran, gantilah packing tersebut dan pastikan dalam pemasanganya untuk mengencangkan baut silinder headnya dengan kuat.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi genset solar yang susah hidup. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top