Home » Info Baru » Cara Kerja Pompa Air

Cara Kerja Pompa Air

cara+kerja+pompa+air
Cara Kerja Pompa Air

Cara Kerja Pompa Air – Mesin pompa air merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk menyedot air dari sumbernya. Kemudian mendorong air tersebut menuju saluran pembuangan (outlet) untuk disalurkan ke pipa-pipa instalasi air.

Dalam melakukan tugasnya, mesin pompa air menggunakan impeler (kipas) yang dipuar oleh sebuah dinamo penggerak untuk memindahkan kapasitas air dalam takaran tertentu di dalam ruang pompa menuju outlet. Ketika air mememenuhi ruang pompa, maka terjadilah tekanan fluida untuk menarik air dari dasar menuju penampungan. Karena mendapat tekanan yang terus menerus, air di dalam penampungan akan terdorong keluar menuju saluran buang.

Dengan memahami cara kerja pompa air di atas, maka dapat disimpulkan bahwa putaran impeler menghasilkan daya hisap dan daya dorong. Oleh sebab itu, air yang keluar dari pompa air memiliki tekanan yang dapat menggerakan aliran air dalam batasan ketinggian tertentu.

Prinsip kerja pompa air tersebut ternyata sangat dipengaruhi oleh bagian-bagian mesin pompa air. Karena, jiak terdapat bagian yang rusak, maka mesin pompa air tidak dapat bekera secara maksimal. Ada pun bagian-bagian dari mesin pompa air, diantaranya yaitu :

1. Dinamo Penggerak

Dinamo pada mesin pompa air berfungsi untuk memutar baling-baling (impeler). Gerakan impeler tersebutlah yang menimbulkan tekanan untuk menghisap dan mendorong air di dalam ruang pompa.

2. Kapasitor Pompa air

Pada mesin pompa air terdapat sebuah kapasitor yang bertugas untuk menyimpan energi listrik yang digunakan untuk menghidupkan dinamo. Kapasitor tersebut merupakan jenis kapasitor starting untuk menghentakan putaran awal dinamo ketika mesin pompa air dinyalakan.

3. Impeler

Impeler atau kipas baling-baling adalah bagian mesin pomap air yang paling utama. Impeler inilah yang bertugas dalam pembuat tekanan yang digunakan untuk menghisap dan mendorong air.

4. Mekanikal Seal

Mekaniak seal juga merupakan bagian penting pada pompa air. Seal ini bertugas untuk mencegah kebocoran kompresi di dalam ruang pompa dari gerakan poros impeler.

5. Tabung Penampung

Ruang penampung pada mesin pompa air berupa tabung yang selalu terisi penuh oleh air. Fungsinya yaitu memeberi tekanan air ynng lebih besar untuk mendorong air keluar. Sehingga, ketika mesin pompa air dihidupkan, dinamo akan dengan mudah menggerakan impeler.

Itulah beberapa bagian mesin pompa air yang sangat menunjang cara kerja pompa air. Tanpa adanya bagian-bagian tersebut, maka mesin pompa air tidak dapat berfungsi untuk menghisap dan mendorong air.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top