Home » Info Baru » Fungsi Tang Snap Ring

Fungsi Tang Snap Ring

fungsi+tang+snapring
Fungsi Tang Snap Ring

Fungsi Tang Snap Ring – Tang snap ring merupakan alat untuk menjepit snap ring (circlip). Snap ring itu sendiri merupakan ring yang memiliki lubang pada kedua titik ujungnya yang berfungsi untuk menahan atau mengunci komponen yang biasanya terletak pada poros bantalan atau as mesin.

Jadi, fungsi tang snap ring adalah untuk membuka snap ring ketika akan melepas bagian yang terkunci. Atau bisa juga digunakan untuk memasang snap ring untuk menahan komponen agar tidak bergeser dari posisinya.

Sebagai contoh yaitu snap ring yang yang terletak pada piston. Fungsi snap ring piston tersebut yaitu untuk mengunci pin piston agar tidak keluar. Jika kita akan melepas piston dari tangkainya, maka harus menggunakan tang snap ring untuk mengambil snap ring dan mengeluarkan pin pistonnya.

Pada dasarnya, tang snap ring terdiri dari dua jenis, yaitu tang snap ring dalam (in) dan tang snap ring luar (out). Tang snap ring ring dalam digunakan untuk mengencangkan circlip. Jika tang ini ditekan, maka rahang akan menguncup. Sedangkan pada tang snap ring luar, jika ditekan rahangnya akan membuka yang digunakan untuk melepas snap ring.

Bentuk ujung rahang tang snap ring ini adalah lurus. Tetapi ada juga yang berbentuk melengkung. Tujuan dari lengkungan pada ujung rahang tang snap ring adalah untuk memudahkan menjangkau snap ring yang terletak di area terselip yang tidak dapat dibuka dengan tang snap ring lurus.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi tang snap ring. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Fungsi Tang Potong
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top