Home » Info Baru » Jenis-Jenis Kipas Angin Dan Gambarnya

Jenis-Jenis Kipas Angin Dan Gambarnya

jenis+jenis+kipas+angin
Jenis-Jenis Kipas Angin

Jenis-Jenis Kipas Angin – Di zaman sekarang ini, hampir seluruh rumah memiliki kipas angin dengan berbagai jenis dan ukuran. Karena alat yang satu ini memang sangat dibutuhkan untuk menghasilkan udara yang sejuk ketika cuaca panas. Pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi tentang jenis-jenis kipas angin beserta gambarnya.

Kipas angin adalah suatu yang dapat menghembuskan angin dengan perputaran baling-baling yang digerakan oleh motor penggerak bertenaga listrik. Diantara fungsi kipas angin dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  • Untuk meghembuskan udara yang sejuk
  • Sebagai penyegar udara di sekitarnya
  • Sebagai media sirkulasi atau pertukaran udara dalam suatu ruangan
  • Untuk mengeringkan ruangan yang basah

Dengan memiliki berbagai macam jenis dan merk, namun pada dasarnya cara kerja kipas angin sama. Yaitu perubahan energi listrik menjadi energi gerak, yang didukung oleh bagian-bagian atau komponen di dalam kipas angin. Nah, bagi yang sedang mencari informasi mengenai jenis-jenis kipas angin, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Jenis-Jenis Kipas Angin Dan Gambarnya

Diantaranya jenis-jenis kipas angin yaitu kipas angin meja, kipas angin berdiri, kipas angin, dinding, kipas angin gantung, kipas angin langit-langit, dan lain sebagaianya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Kipas Angin Meja (Desk And Table Fan)

kipas+angin+meja
Kipas Angin Meja

Dalam penggunaannya, kipas angin meja memang sering diletakan di atas meja. Bentuknya kecil dan memiliki penyangga yang pendek. Kipas angin ini merupakan jenis kipas angin portable yang dapat dipindahkan ke tempat sesuai keinginan.

Baca Juga :  Perbedaan Motor (Mesin) 2 Tak Dan 4 Tak

2. Kipas Angin Duduk (Floor Fan)

kipas+angin+duduk
Kipas Angin Duduk

Kipas angin duduk adalah model kipas angin yang tidak memiliki penyangga. Biasanya berbentuk kotak dan sering diletakan di lantai. Sehingga sering juga disebut dengan kipas angin lantai.

3. Kipas Angin Berdiri (Standing Fan)

kipas+angin+berdiri
Kipas Angin Berdiri

Dinamakan kipas angin berdiri karena memang kipas angin ini memiliki batang penyangga yang cukup tinggi. Batang penyangga tersebut dapat di atur ketinggiannya sesuai keperluan.

4. Kipas Angin Dinding (Wall Fan)

kipas+angin+dinding
Kipas Angin Dinding

Kipas angin dinding atau kipas angin gantung merupakan kipas angin yang pemasangannya di tempelkan di dinding. Meskipun begitu, kipas angin ini masih tergolong dalam jenis portable. Karena masih dapat dipindahkan dengan memindah letak gantungannya.

5. Kipas Angin Langit-Langit (Ceilling Fan)

kipas+angin+langit+langit
Kipas Angin Langit-Langit

Sedikit berbeda dengan kipas angin lainnya, kipas angin langit-langit merupakan kipas angin permanen (tidak bisa dipindah-pindahkan). Dengan baling-baling yang cukup besar, kipas ini mampu menghembuskan angin di dalam satu ruangan.

6. Kipas Angin Ventilasi (Exhouse Fan)

exhouse+fun
Exhouse Fan

Exhouse dan merupakan kipas angin permanen yang tertanam di dinding. Fungsi kipas angin ini yaitu sebagia ventilasi atau tempat pertukaran udara dari dalam keluar atau sebaliknya. Oleh sebab itu, kipas angin ventilasi ini memiliki dua putaran arah yang berbeda.

7. Kipas Angin Mini Portable

kipas+angin+mini
Kipas Angin Mini

Kipas angin mini adalah kipas angin yang memiliki bentuk kecil dan penggunaannya dipegang dengan tangan. Kipas angin ini menggunakan batere yang bisa di charging (isi ulang). Sehingga sangat praktis dan dapat di bawa kemana saja.

Baca Juga :  Pengertian Mata Bor Dan Bagian - Bagiannya

8. Kipas Angin Air Cooler

air+cooler
Air Cooler

Seiring berkembangnya zaman, ada juga jenis kipas angin yang dapat menyemburkan percikan air ketika dihidupkan. Kipas angin tersebut adalah kipas angin air cooler. Dimana kipas angin ini memiliki tabung yang dapat diisi dengan air dingin.

9. Kipas Angin Multifungsi

kipas+angin+multifungsi
Kipas Angin Multifungsi

Kipas angin multifungsi merupakan perpaduan desain antara kipas angin duduk, kipas angin berdiri dan kipas angin gantung. Sehingga kilas angin jenis ini dapat difungsikan di lantai ataupun digantung di dinding.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis kipas angin yang sering dijumpai di pasaran. Setelah mengentahui jenisnya, pasti sudah bisa menentukan kipas angin seperti apa yang kira-kira dibutuhkan di rumah. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *