Servis Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala

Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala

kompor+gas+tidak+nyala
Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala

Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala – Salah satu masalah yang sering terjadi di dapur rumah tangga adalah kompor gas tidak menyala. Hal ini tentu sangat merepotkan bagi para ibu rumah tangga yang hendak memasak. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang apa saja yang menjadi penyebab kompor gas susah menyala dan cara mengatasinya.

Ada beberapa kemungkinkan yang menyebabkan kompor gas tidak nyala. Sehingga, jika masalah tersebut terjadi, kita harus mengecek bagian-bagian tertentu yang ada pada kompor gas untuk mencari solusinya. Dan berikut ini merupakan macam-macam masalah yang sering terjadi pada kompor gas beserta penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala

1. Kompor Gas Tidak Nyala Setelah Ganti Tabung

kompor+gas+tidak+nyala
Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala

Masalah ini merupakan yang paling sering terjadi pada kompor gas. Dimana setelah ganti tabung LPG malah kompor tidak mau menyala. Padahal setelah mengecek indikator pada regulator, isi tabung juga masih penuh.

Penyebab dari masalah ini adalah adanya bagian yang tersumbat pada regulator atau selang gas. Sehingga menyebabkan gas tidak mengalir ke kompor yang menyebabkan kompor tidak menyala.

Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mengatur ulang pemasangan regulator. Periksa seal apakah terlipat atau tidak. Seal yang terlipat menyebabkan lubang keluarnya gas tertutup. Oleh sebab itu, jika menemukan adanya seal yang melipat atau terjepit, perbaikilah posisinya sampai benar.

Selain itu, penyumbatan aliran gas juga dapat disebabkan oleh valve (gotri) regulator yang macet. Dan untuk mengatasinya yaitu dengan mengetuk-ketuk regulator agar gotri tersebut bergerak mengikuti aliran gas.

2. Kompor Gas Menyala Sebelah

kompor+gas+tidak+nyala
Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala

Kompor gas yang sudah berumur, biasanya nyala apinya menjadi kecil dan tidak penuh. Penyebab dari masalah ini adalah celah-celah moncong (burner) mampat, sehingga api hanya menyala sebagian.

Untuk mengatasi masalah kompor gas yang menyala sebagian ini yaitu dengan cara membersihkan kerak yang menutupi lubang-lubang burner. Kita bisa menggunakan air cuka untuk merontokkan kerak yang membandel. Kemudian sikat dan lubangi celah-celah burner dengan jarum atau kawat kecil.

3. Kompor Gas Nyala Sebentar Lalu Mati

kompor+gas+tidak+nyala
Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala

Pasti pernah juga mengalami ketika sedang masak kemudian kompor gas tiba-tiba mati. Penyebab dari kompor gas nyala sebentar lalu mati yaitu knop on off yang tidak berfungsi dengan baik.

Pada knop kompor gas ini terdapat spuyer yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya aliran gas. Jika spuyer tersebut kotor, maka aliran gas menjadi tidak lancar. Sehingga menyebabkan kompor gas dapat mati sendiri ketika sedang digunakan.

Untuk mengatasi kompor gas yang tiba-tiba mati sendiri, bukalah bagian knop dengan menggunakan tang atau kunci yang sesuai. Bersihkan bagian spuyer dan pir pemutarnya sampai bersih. Kemudian pasang kembali dan cobalah untuk menghidupkan kompor gas.

4. Kompor Gas Tidak Menyala Sama Sekali Padahal Gas Penuh

kompor+gas+tidak+nyala
Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala

Masalah selanjutnya yaitu kompor gas yang tidak bisa nyala sama sekali meskipun tabung gas penuh. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya, diantaranya yaitu kabel pematik lepas, pematik kotor, atau pematik rusak (aus).

Untuk mengatasi kabel pematik yang lepas, kita dapat meletakan kembali kabel pada tempat semula. Untuk pematik yang kotor, cukup bersihkan ujung pematiknya. Sedangkan jika pematik telah aus, maka sebaiknya ganti dengan pematik yang baru.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kompor gas tidak nyala. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *