Info Baru Penyebab Kompresor Angin Berisik

Penyebab Kompresor Angin Berisik

penyebab+kompresor+angin+berisik
Penyebab Kompresor Angin Berisik

Penyebab Kompresor Angin Berisik – Bagi para pengguna kompresor angin, pasti pernah mengalami mesin kompresornya menjadi berisik ketika digunakan. Sehingga sangat mengganggu kenyamanan kerja. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi penyebab kompresor angin berisik tersebut?

Penggunaan kompresor angin dalam jangka panjang, bukan hal yang tak mungkin jika mesin kompresor tersebut mengalami masalah. Dan masalah yang sering terjadi pada kompresor yang sudah lama diginakan yaitu munculnya bunyi berisik pada kompresor tersebut. Sehingga, harus cepat-cepat diperbaiki agar masalahnya tidak bertambah parah.

Penyebab dari kompresor yang bunyinya berisik tersebut adalah karena kurangnya perawatan dan pengontrolan pada oli pelumas. Kurangnya pelumasan di dalam kompresor, tentu saja menjadikan gesekan antar bagian-bagian yang berada di dalam kompresor menjadi semakin besar. Sehingga mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian tersebut yang menyebabkan bunyi berisik.

Penyebab Kompresor Angin Berisik

Berikut merupakan beberapa komponen mesin kompresor angin yang menjadi penyebab timbulnya bunyi berisik dan cara mengatasinya.

1. Laher Koclak

Penyebab kompresor angin berisik yang pertama yaitu karena adanya laher yang rusak (Koclak). Laher pada kompresor berfungsi untuk menopang crankshaft. Sehingga, jika laher tersebut maka putaran crankshaft menjadi tidak seimbang yang menyebabkan bunyi berisik.

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengganti laher yang koclak tersebut dengan yang baru. Caranya yaitu dengan membongkar kompresor dan mengambil crankshaftnya. Setelah itu barulah laher yang rusak tersebut dapat diganti.

2. Tangkai Piston Longgar

Banyak pengguna kompresor yang lupa untuk mengontrol oli pelumas. Sehingga menyebabkan gesekan antara tangkai piston dengan crankshaft menjadi besar yang menyebabkan lubang tangkai piston menjadi longgar. Dan akhirnya terdengar bunyi berisik ketika mesin kompresor dihidupkan.

Jika tangkai piston menjadi longgar, sebaiknya lakukan pergantian pada komponen tersebut. Karena jika dibiarkan saja, maka tangkai piston tersebut akan patah.

3. Filter Udara Tidak Terpasang

Penyebab suara berisik pada kompresor selanjutnya yaitu karena filter udara yang berada pada lubang hisap tidak terpasang. Selain menimbulkan suara berisik, filter udara yang tidak terpasang juga menyebabkan kotoran akan terhisap ke dalam silinder.

Oleh sebab itu, jika filter udara rusak atau hilang, sebaiknya belilah dan pasang pada kompresor. Karena fungsi filter udara pada kompresor sangat penting untuk menyaring kotoran dari luar.

4. Baut Dudukan Kendor

Meskipun terlihat sepele, baut dudukan kompresor yang kendor juga dapat menyebabkan suara yang berisik jika mesin kompresor dihidupkan. Baut yang kendor menyebabkan getaran besar ketika mesin kompresor dijalankan.

Oleh sebab itu, sering-seringlah untuk mengecek kondisi baut dudukan pada kompresor. Jika menemukan adanya baut yang kendor, langsung saja kencangkan dengan kunci pas atau ring sesuai ukurannya.

Itulah beberapa penyebab kompresor angin berisik dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *