Home » Info Baru » Pengertian Mata Bor Dan Bagian – Bagiannya

Pengertian Mata Bor Dan Bagian – Bagiannya

bagian+bagian+mata+bor
Bagian – Bagian Mata Bor
Pengertian Mata Bor Dan Bagian – Bagiannya – Pengertian mata bor adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang berbentuk bulat pada material, seperti kayu, plastik, kaca, dinding, besi, logam, dan lain-lain. Fungsi mata bor ini khusus untuk membuat lubang, dan tidak diperbolehkan digunakan sebagai chisel, tapper atau prier. Dalam penggunaannya, kita tidak hanya memilih mata bor yang bagus, tetapi juga harus bisa melubangi hingga dasar material jenis apapun dengan cepat dan mudah.
Ada banyak sekali jenis dan ukuran lubang yang dapat dibuat dengan mesin bor, dan setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Hal itu disebabkan oleh masing-masing material dasar yang akan dilubangi memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda. Sehingga tidak mungkin bisa dilakukan dengan menggunakan satu jenis mata bor saja. Maka dari itu, setiap produsen membuat berbagai jenis mata bor agar dapat digunakan sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
Mata bor yang terbuat dari baja karbon, digunakan untuk bahan yang lunak, seperti kayu, plastik, fiber, dan lainnya. Untuk mata bor HSS digunakan pada material logam lunak dan baja lunak. Sedangkan mata bor yang memiliki ujung carbide atau tungsten carbide, digunakan untuk membuat lubang pada beton dan logam-logam keras.

Bagian – Bagian Mata Bor Dan Fungsinya

Mata bor memiliki bagian-bagian penting yang memiliki fungsi masing-masing. Secara umum, bagian-bagian mata bor meliputi :
  • SHANK, merupakan bagian yang berfungsi memberikan dorongan ketika proses pengeboran.
  • DIAMETER BODY, adalah bagian yang agak taper dari ujung hingga shank yang berfungsi untuk memberikan clearence pada saat membuat lubang yang dalam.
  • FLUTE, merupakan bagian mata bor yang berfungsi sebagai ruang pengeluaran serpihan sisa pengeboran dan memberikan sudut penyayat dan memungkinkan coolant masuk ke cutting edge.
  • CHISEL EDGE, adalah bagian yang berada pada poros drill, bagian ini memerlukan tekanan yang besar untuk mendorongnya agar masuk ke dalam material yang dibor.

Perawatan Mata Bor

Perawatan mata bor perlu dilakukan agar mata bor lebih awet. Salah satunya yaitu penggunaan yang benar sesuai jenisnya masing-masing. Dan berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam perawatan mata bor.
  • Gunakanlah cairan pendingin untuk mencegah kerusakan pada mata bor yang diakibatkan oleh gesekan dan panas. 
  • Celupkan mata bor ke cairan pendingin saat melakukan pengeboran material logam. Cairan yang umum digunakan sebagai pendingin yaitu oli dan air. 
  • Gunakan alat pelindung kerja dan gunakan mata bor dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan dan menghindari keselamatan kerja.
  • Setelah selesai pengeboran, jagalah kebersihan mata bor dari kotoran dan oli. Simpan mata bor di tempat yang kering untuk menghindari karat.
  • Ketika mengasah mata bor, celupkan bagian ujung mata bor sesekali ke dalam air. Jika tidak, maka bagian ujung mata bor akan menjadi lunak dan kehilangan kemampuan potongnya. 
  • Pastikan untuk mengikuti pedoman penggunaan standar pabrik saat melakukan pengasahan.
  • Dalam mengasah mata bor, sudut puncak harus benar yaitu 118°, sedangkan bagian pinggir chisel edge berada pada sudut 120° – 135°. Jarak lip clearance harus benar untuk ukuran drill, jarak ini lebih besar untuk drill yang berukuran kecil. Clearance rata-rata yaitu 80 sampai 120. Panjang kedua sisi cutting edge harus sama panjang dan berada pada sudut yang sama terhadap poros drill (titik mati).
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian mata bor dan bagian-bagiannya, serta bagaimana cara melakukan perawatan pada mata bor yang benar. Semoga bermanfaat.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top