Home » Info Baru » Pengertian Power Tools Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Power Tools Dan Jenis-Jenisnya

pengertian+power+tools
Pengertian Power Tools

Pengertian Power Tools Dan Jenis-Jenisnya – Tanpa adanya sumber penyedia tenaga, power tools tidak dapat dipergunakan. Dengan kata lain, pengertian power tools adalah peralatan tenaga yang sumber tenaganya bukan dari tenaga manusia, melainkan memanfaatkan energi listrik, pneumatik (udara/gas), serta hidrolik untuk menggerakannya.

Power tools memiliki beberapa jenis. Setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai pengertian power tools dan jenis-jenis power tools beserta fungsinya masing-masing.

Pengertian Power Tools

Power tools adalah peralatan yang dioperasikan dengan menggunakan sumber tenaga yang berasal dari sumber penyedia tenaga. Jenis-jenis sumber tenaga yang digunakan untuk menggerakan power tools antara lain ialah motor elektrik yang bersumber dari arus listrik, mesin pengapian internal serta udara yang terkompresi (compressed air).

Sumber tenaga lain yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakan power tools yaitu tenaga mesin uap dan mesin pembakaran langsung yang menggunakan bahan bakar.

Contoh beberapa macam power tools seperti drill, grinder, impact, pneumetic screwdriver, air hammer, dan air chisel. Jenis-jenis power tools tersebut digunakan untuk mempermudah serta mempercepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Tanpa menggunakan power tools, akan memerlukan waktu yang lama untuk melakukan pengeboran pada benda ataupun part, melepas baut, memotong benda, maupun ketika memasang part baru. Sehingga, power tools sanggup menghemat banyak waktu dan lebih efektif jika digunakan dengan benar dan tepat. Tetapi akan beresiko jika salah dalam penggunaannya.

Power tools merupakan salah satu perkakas yang sangat menunjang dan memudahkan dalam suatu pekerjaan, karena dapat menghemat waktu dan tenaga dalam pemakainnya. Perlengkapan ini tidak di operasikan manual seperti halnya hand tools. Power tools digunakan untuk mempercepat suatu pekerjaan.

Baca Juga :  Hand Tools Dan Power Tools Beserta Contohnya

Jenis-Jenis Power Tools Dan Fungsinya

Berikut merupakan jenis-jenis power tools yang sering di gunakan dalam pekerjaan beserta fungsinya masing-masing.

1. Hand Drill (Bor Tangan)

hand+drill
Hand Drill

Adalah power tools yang berfungsi untuk membuat lubang pada suatu benda. Bor tangan itu sendiri memiliki banyak sekali jenis sesuai penggunaanya, namun mayoritas penggunaannya biasanya hanya memakai satu jenis bor untuk seluruh pekerjaan.

Dalam pengoperasian bor tangan ada yang menggunakan baterai, bor tangan tersedia dengan kabel atau pun yang disambungkan pada angin (kompresor).

2. Hand Grinder (Gerinda Tangan)

hand+grinder
Hand Grinder

Merupakan salah satu jenis power tools yang berfungsi untuk menghaluskan material tertentu. Tidak hanya itu, gerinda tangan juga bisa digunakan untuk mengkilapkan serta memotong permukaan material tertentu sesuai mata gerinda yang digunakan.

Jenis-jenis mata gerinda tergantung pada fungsinya masing- masing, mulai dari yang berperan sebagai ampelas, pemotong batu ataupun resibon, sampai berbentuk kain yang digunakan untuk polishing. Grinda tangan menggunakan whell atau piringan dalam pengoperasiannya yang berputar dan dapat diganti-ganti.

3. Impact Wrench (Kunci Impact)

impact+wrench
Impact Wrench

Adalah salah satu jenis perkakas power tools yang umumnya digunakan untuk membuka mur ataupun baut dengan sangat cepat. Sedangkan kunci impact yang memiliki ukuran besar digunakan khusus untuk membuka mur ataupun baut yang tingkat kekencangannya sangat kuat.

Kunci impact memiliki berbagai jenis, bentuk serta ukuran untuk penggunaan yang berbeda-beda. Dan yang paling sering digunakan yaitu jenis tuas dan pistol.

Baca Juga :  Fungsi Kunci Ring

4. Pneumetic Screwdriver( Obeng Pneumetik)

pneumetic+screwdriver
Pneumetic Screwdriver

Merupakan salah satu jenis power tools yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan servis oleh para mekanik di bengkel otomotif. Pada dasarnya, obeng penumetik kerap digunkan pada scrup yang memiliki tingkat pengencangan yang besar.

Cara menggunakan obeng penumetik hampir sama dengan kunci impact, yang membedakannya hanya bentuk dan ukurannya saja.

4. Air Chisel

air+chisel
Air Chisel

Adalah salah satu jenis power tools yang fungsinya hampir sama seperti jack hammer (tool pelubang beton), namun memiliki cycling rate yang lebih cepat. Air chisel merupakan perkakas yang digunakan untuk memutus daun baut.

Pada umumnya, air chisel ini membutuhkan pelumasan. Oleh sebab itu, mayoritas workshop pasti memiliki automatic oiler yang dipasang di dalam sistem air supply.

Namun jika workshop tidak memyediakan automatic oiler atau jika automatic oiler sedang tidak berfungsi, maka air chisel ini perlu dilumasi setiap hari. Masukkan beberapa tetes oli ke dalam inlet air chisel saat sebelum dan sesudah digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian power tools dan jenis-jenisnya beserta masing-masing fungsinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top