Home » Tip & Trik » Cara Menyalakan Genset Bensin Yang Benar

Cara Menyalakan Genset Bensin Yang Benar

cara+menyalakan+genset+bensin
Cara Menyalakan Genset Bensin

Cara Menyalakan Genset Bensin – Genset atau generator set adalah mesin pembangkit listrik yang dapat digunakan ketika mati listrik. Terdapat berbagai jenis mesin genset, salah satunya yaitu genset bensin. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara menyalakan genset bensin.

Mesin genset bensin adalah mesin genset yang menggunakan bahan bakar bensin. Jenis genset ini banyak digunakan pada rumah tangga, pertokoan, dan perkantoran. Diantara merk genset bensin yang terkenal yaitu honda, krisbow, loncin, dan multipro. Sebagai salah satu alat yang penting, maka kita harus tahu langkah-langkah menggunakan genset.

Meskipun sebenarnya caranya sangat mudah, namun masih banyak orang yang salah dalam menghidupkan genset bensin. Sehingga mengakibatkan mesin genset tidak mau hidup. Nah, bagi yang masih bingung atau belum tahu cara menyalakan genset bensin, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Cara Menyalakan Genset Bensin Yang Benar

Berikut merupakan langkah-langkah cara menghidupkan mesin genset bensin yang benar, yaitu:

  • Untuk genset 4-tak, pastikan menggunakan bensin murni (premiun, pertalite, atau pertamax) dan dalam keadaan bersih. Isi tangki genset hingga penuh atau secukupnya, namun jangan terlalu sedikit. Untuk genset 2-tak, pastikan menggunakan bensin campur (perpaduan bensin murni dengan oli sampiang) dengan perbandingan sesuai buku petunjuknya.
  • Untuk genset 4-tak, pastikan oli mesin sudah terisi penuh atau rata-rata air. Gunakan oli baru, jangan pakai oli bekas, karena dapat mempengaruhi kinerja mesin genset. Sedangkan untuk genset 2-tak tidak menggunakan oli mesin.
  • Tekan switch genset ke posisi On. Kemudian buka kran bensin agar bensin mengalir ke karburator. Jika mengisi bensin terlalu sedikit, maka bensin tidak dapat mengalir ke karburator.
  • Geser tuas choke ke posisi tertutup sebelum genset dinyalakan. Posisi choke berada dekat dengan karburator. Umunya terdapat petunjuk bagaimana posisi choke terbuka dan tertutup.
  • Tarik gagang recoil starter secara perlahan (jangan disentak untuk menghidari kerusakan pada tali starter). Setelah terasa sedikit berat, baru tarik dengan kuat dan kencang. Untuk menghidupkan pertama kali, biasa perlu 3-4 kali tarikan sebelum genset menyala. Untuk genset yang menggunakan aki, cara menghidupkanya yaitu cukup mengontak seperti menyalakan mobil.
  • Setelah genset hidup, kembalikan posisi tuas choke agar terbuka. Jangan sampai lupa mengembalikan posisi choke, karena dapat mengakibatkan mesin genset berbunyi tersendat-sendat dan kemudian mati.
  • Biarkan beberapa saat (5 menit pertama) sebagai proses pemanasan genset. Jangan beri beban berat untuk pertama kali. Sebaiknya berikan beban secaras bertahap, mulai dari 500 watt, 1000 watt, 1500 watt, dan seterusnya. Namun jangan sampai melebihi kapasitas watt yang tertera pada genset.
  • Untuk menggunakan peralatan listrik, tancapkan steker (jek) ke stop kontak genset. Kemudian tekan switch breaker ke posisi on. Setelah itu, hidupkan alat listrik tersebut.
  • Jika terjadi kelebihan beban, maka switch breaker akan secara otomatis ke posisi off. Jika ini terjadi, sebaiknya jangan langsung menghidupkannya lagi, harus menunggu sampai beberapa saat agar mesin genset dingin.
  • Genset dapat dihubungkan ke salah satu stop kontak di jaringan listrik PLN saat mati lampu. Namun, pastikan MCB PLN dalam posisi Off. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan genset akibat arus balik PLN saat listrik PLN hidup.
  • Setelah pemakaian maksimal, sebaiknya istirahatkan genset sampai kondisi mesin dingin untuk menjaga agar genset tetap awet. Untuk mematikan genset, tekan switch genset ke posisi Off. Sementara itu, untuk mematikan genset yang menggunakan aki, cukup putar kunci ke kiri.
Baca Juga :  Cara Memasang Dan Melepas Mata Bor

Demikianlah pembahasan mengenai langkah-langkah cara menyalakan mesin genset bensin yang benar. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published.