Home » Servis » Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Berbunyi Kasar

Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Berbunyi Kasar

cara memperbaiki mesin gerinda berbunyi kasar
Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Berbunyi Kasar
Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Berbunyi Kasar – Pada dasarnya, mesin gerinda tangan memang berbunyi keras. Namun, apabila bunyinya kasar, ada kemungkinan mesin gerinda tangan tersebut mengalami kerusakan.
Dalam beberapa permasalahan yang terjadi pada mesin gerinda tangan, bunyi kasar ini sering terjadi pada mesin gerinda tangan. Masalah ini biasanya terjadi pada mesin gerinda tangan yang sering digunakan untuk menggerinda benda-benda yang keras.

Mesin gerinda tangan yang berbunyi kasar ini sebenarnya mudah untuk diperbaiki. Untuk memperbaiki mesin gerinda tangan yang berbunyi kasar, harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Dan berikut adalah beberapa penyebab dari mesin gerinda tangan yang berbunyi kasar dan cara memperbaikinya.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Berbunyi Kasar

1. Gear Aus

Mesin gerinda tangan pada umumnya memiliki sepasang gear penghubung. Satu gear menempel pada rotor dan satunya lagi terpasang pada poros mata gerinda. Salah satu penyebab yang mengakibatkan bunyi kasar pada mesin gerinda tangan yaitu sepasang gear tersebut telah aus. Sedangkan gear yang aus tersebut dikarenakan oleh stempet yang telah habis. Sehingga, tidak ada pelumas gesekan pada sepasang gear tersebut ketika bergerak.

Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganjal gear yang berada pada rotor dengan menggunakan ring apabila keausan gear tersebut tidak begitu parah. Namun jika sudah parah, maka sebaiknya gantilah sepasang gear tersebut dengan yang baru.

2. Bearing Rusak

Penyebab yang kedua dari mesin gerinda tangan yang berbunyi kasar yaitu bearing telah rusak. Kerusakan pada bearing biasanya disebabkan oleh kualitas dari bearing tersebut yang kurang bagus. Sehingga apabila mesin gerinda tangan digunakan dalam jangka waktu yang  lama, bearing tersebut akan mudah rusak.

Bearing yang telah rusak memang tidak akan bisa untuk diperbaiki. Oleh karena itu, jika mendapati bearing yang telah rusak, sebaiknya gantilah dengan bearing yang baru yang sesuai dengan nomer bearing tersebut.

3. Terdapat Kotoran Yang Menyangkut

Penyebab lain dari bunyi kasar pada mesin gerinda tangan yaitu adanya kotoran yang masuk ke dalam mesin gerinda tangan Kotoran tersebut biasanya berasal dari sisa-sisa benda kerja yang masuk dan menyangkut putaran mesin gerinda tangan. Sehingga akan menghasilakan bunyi keras dan kasar.

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus melakukan pembongkaran mesin gerinda. Kemudian, bersihkan sisa-sisa kotoran tersebut dengan angin kompresor sampai keluar semua. Setelah bersih, pasanglah semua bagian-bagian yang telah dibongkar dengan benar.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin gerinda tangan yang berbunyi kasar. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top