Home » Servis » Genset Hidup Tapi Tidak Ada Arus Listrik

Genset Hidup Tapi Tidak Ada Arus Listrik

genset hidup tapi tidak ada arus listrik
Genset Hidup Tapi Tidak Ada Arus Listrik
Genset Hidup Tapi Tidak Ada Arus Listrik – Mesin genset memang terkadang mengalami masalah. Dan salah satu masalah yang terjadi pada mesin genset yaitu mesin hidup tetapi arus listrik tidak keluar. Lalu apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Dalam menggunakan mesin genset, satu hal penting yang harus diketahui adalah kapasitas daya listrik yang keluar (out put) dari mesin genset tersebut. Karena, jika  pemakaian daya listrik melebihi kapasitas yang tertera pada genset, dapat menyebabkan kerusakan yang mengakibatkan hilangnya tegangan arus listrik pada genset tersebut.

Mesin genset yang digunakan untuk mengaliri beban listrik yang melebihi kapasitas, akan menjadi cepat panas pada bagian generatornya. Sehingga, jika terus menerus dipaksa, akan mengakibatkan kerusakan pada bagian kelistrikannya. Dan akibatnya, arus listriknya hilang yang disebakan oleh kerusakan pada komponen generator mesin genset.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Genset Hidup Tapi Ada Arus Listrik

1. Kapasitor Genset Meleleh

Pada mesin genset kecil, terdapat komponen yang disebut kapasitor. Kapasitor ini berfungsi sebagai sistem otomatis pada aurs listrik genset. Jika arus listrik yang keluar dari genset melebihi kapasitas, maka kapasitor ini akan meleleh atau mengembung. Dan akibatnya arus listrik pada mesin genset akan hilang. Untuk mengatasi masalah ini, gantilah kapasitor yang meleleh tersebut dengan yang baru.

2. AVR Genset Rusak

Mesin genset yang memiliki kapasitas di atas 2500 watt, biasanya dilengkapi dengan adanya AVR pada generatornya. Fungsi AVR ini sama seperti kapasitor. Jika mesin genset digunakan untuk daya listrik yang melebihi kapasitas, maka AVR ini akan putus (rusak). Sehingga arus listrik pada genset pun akan hilang. Untuk mengatasi masalah ini, gantilah AVR genset tersebut dengan bentuk dan ukuran kapasitas yang sama.

3. Generator Terbakar

Penyebab selanjutnya dari mesin genset hidup tapi tidak ada arus listrik yaitu generator genset terbakar. Hal ini biasanya disebabkan oleh kapasitor atau AVR yang sudah rusak, namun mesin genset terus dihidupkan. Sehingga, gulungan generator akan panas dan terbakar. Gejala ini biasanya ditandai oleh keluarnya asap atau bau gosong yang keluar dari mesin genset. Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat menggulung ulang generator tersebut pada tukang servis dinamo.

itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin genset masih hidup tapi tidak ada arus listrik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top