Home » Servis » Cara Ganti Fleksibel Mesin Potong Rumput

Cara Ganti Fleksibel Mesin Potong Rumput

fleksibel+mesin+potong+rumput
Cara Ganti Fleksibel Mesin Potong Rumput

Cara Ganti Fleksibel Mesin Potong Rumput – Fleksibel merupakan sebuah batang lentur yang terdapat pada mesin potong rumput. Fungsi fleksibel tersebut yaitu untuk menghubungkan mesin dengan mata potong. Oleh sebab itulah, mata potong dapat berputar meskipun gagang mesin rumput di arahkan kemana saja.

Dalam beberapa kasus penggunaan mesin rumput, masalah yang sering terjadi yaitu batang fleksibel tersebut patah karena kurangnya perawatan. Sehingga mengakibatkan mata potong tidak dapat berputar meskipun mesin telah digas. Dan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan mengganti fleksibel yang baru.

Dalam mengganti fleksibel mesin potong rumput yang patah, kita tidak boleh membeli secara sembarang. Karena benda tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Maka, jika akan membelinya, kita harus mengukur terlebih dahulu fleksibel yang akan diganti. Dengan begitu, tidak akan terjadi kesalahan saat melakukan penggantian.

Bagi yang belum tahu cara mengganti fleksibel mesin potong rumput dan akan melakukannya, berikut akan diuraikan langkah demi langkah cara penggantiannya. Silahkan simak agar tidak terjadi kesalah yang mengakibatkan kerusakan pada mesin potong rumput.

Cara Mengganti Fleksibel Mesin Potong Rumput

Sebelum melakukan penggantian, sebaiknya siapkan dulu peralatan yang digunakan seperti tang dan stempet/grace/gemuk. Dan untuk langkah-langkahnya aadalah sebagai berikut.

1. Buka pin (kancing) yang terletak antar gagang pemotong dan mesin. Perlu diketahui, ada tiga jenis pin pada mesin potong rumput, yaitu jenis kawat pengunci, tuas tarik, dan tuas putar. Bukalah pin tersebut dengan menggunakan tang.

2. Lepaskan gagang pemotong dari mesin dengan cara mencabutnya ke arah luar. Kemudian, ambil batang fleksibel yang berada di dalam gagang pemegang.

3. Siapkan fleksibel yang baru dan olesi seluruh permukaannya dengan stempet. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan terhadap batang pemotong, sehingga lebih awet.

4. Masukan fleksibel ke dalam gagang pemotong. Pastikan mentok dan masuk ke dalam dudukannya. Untuk memastikannya, putarkan fleksibel tersebut, jika mata potong berputar, tandanya batang fleksibel telah tepat masuk ke dalam dudukannya.

5. Setelah fleksibel terpasang, pasang kembali gagang pemotong ke dalam dudukan mesin. Caranya yaitu dengan mengatur posisi fleksibel tepat dengan posisi dudukan yang berada di dalam mesin. Jika sudah tepat, pasang kembali pin penguncinya.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengganti fleksibel mesin potong rumput. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top