Home » Info Baru » Penyebab Mesin Gerinda Tangan Bau Gosong

Penyebab Mesin Gerinda Tangan Bau Gosong

penyebab+mesin+gerinda+tangan+bau+gosong
Penyebab Mesin Gerinda Tangan Bau Gosong

Penyebab Mesin Gerinda Tangan Bau Gosong – Pasti pernah ada yang mengalami ketika sedang memotong menggunakan mesin gerinda tangan, tiba-tiba tercium bau gosong yang kemudian diikuti oleh keluarnya asap dari celah-celah mesin gerinda. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab mesin gerinda bau gosong tersebut?

Mesin gerinda yang mengeluarkan bau gosong merupakan salah satu kerusakan yang serius pada mesin gerinda. Masalah tersebut biasanya diikuti dengan mesin menjadi panas. Sehingga, jika mengalami gejala seperti itu, sebaiknya hentikan dalam penggunannya dan segera diperbaiki.

Salah satu penyebab bau gosong yang keluar pada mesin gerinda yaitu adanya hubungan arus pendek pada bagian rotor dan stator. Selain itu, terdapat beberapa penyebab lainnya yang dapat mempengaruhinya. Berikut akan dijelaskan bagian-bagian apa saja yang menjadi penyebab mesin gerinda tangan berbau gosong.

Penyebab Mesin Gerinda Bau Gosong

Diantara komponen yang menjadi penyebab mesin gerinda tangan berbau gosong yaitu:

1. Bearing Armature Rusak

Kerusakan bearing armature gerinda tangan bisa berupa seret atau kocak. Jika hal tersebut dibiarkan saja, maka lama-kelamaan bearing tersebut hancur yang menyebabkan armature bergesekan keras dengan stator.

Hal tersebut tentu saja mengakibatkan terjadinya hubungan arus pendek dan menyebabkan armature dan stator terbakar. Dan pergesekan tersebut menyebabkan bau gosong yang menyengat disertai dengan kepulan asap.

Oleh sebab itu, jika ada yang mulai aneh pada suara atau getaran pada mesin gerinda, sebaiknya lakukan pengecekan secepatnya. Agar tidak permasalahannya tidak menjalar luas yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Mesin Pengering Minyak

2. Stator Bocor

Kebocoran pada stator tidak dapat dilihat secara langsung dengan mata. Kita hanya bisa mengeceknya menggunakan multitester. Stator bocor biasanya disebkan oleh adanya benda/kotoran yang masuk ke dalam mesin gerinda.

Kotoran yang berada di dalam ruang pergerakan armature akan berputar mengikuti putaran mesin yang pada akhirnya menyentuh gulungan stator dan menyebabkan gulungan tersebut terkelupas. Sehingga aliran listrik pada stator menjadi keluar dan menyebabkan armature terbakar dan berbau gosong.

3. Adanya Kabel Yang Terbakar

Penggunaan mesin gerinda dalam jangka waktu lama tanpa istirahat, mengakibatkan kabel mesin gerinda menjadi panas yang mengakibatkan pembungkus kabel meleleh/terkelupas. Dan jika kabel yang telah terkelupas bersentuhan dengan kabel yang terkelupas lainnya, tentu saja akan terjadi hubungan singkat arus listrik. Jika terjadi seperti itu, maka akan muncul bau gosong akibat korsleting listrik.

Itulah beberapa penyebab mesin gerinda tangan bau gosong. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top