Home » Penyebab Mesin Diesel Mati Mendadak

Penyebab Mesin Diesel Mati Mendadak

mesin+diesel+mati+mendadak
Penyebab Mesin Diesel Mati Mendadak

Penyebab Mesin Diesel Mati Mendadak – Mesin diesel memang terkenal dengan tenaga yang kuat dan irit bahan bakar. Namun jika kurang perawatan, mesin berbahan bakar solar ini sangat rentan mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering yang sering terjadi yaitu mesin mati secara tiba-tiba meskipun dalam keadaan sedang dinyalakan.

Jika mengalami hal seperti itu, pasti orang awam akan pun akan langsung mengira jika bahan bakarnya telah habis. Memang jawaban seperti itu tidak lah salah, karena salah satu penyebab mesin diesel mati mendadak adalah karena tidak ada bahan bakar yang mengalir pada mesin.

Namun tidak hanya itu saja, karena mesin yang tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Lalu, apa saja faktor tersebut? Simak pembahasan berikut ini mengenai penyebab mesin diesel mati mendadak dan cara mengatasinya.

Penyebab Mesin Diesel Mati Mendadak Dan Cara Mengatasinya

Diantara beberapa penyebab dari mesin mati secara tiba-tiba yaitu sebagai berikut :

1. Bahan Bakar Habis

Jika mesin diesel tiba-tiba mati, periksalah ketersediaan bahan bakar pada tangki solar. Jika telah habis,segeralah untuk mengisinya kembali. hal ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi pada mesin diesel yang mati mendadak secara tiba-tiba.

2. Selang Solar Mampat

Jika setelah mengecek bahan bakar ternyata masih ada, selajutnya periksalah selang solar yang menuju bosch pump (pompa injeksi). Bukalah baut joint yang terdapat pada bosch pump. Jika solar tidak mengalir, maka bersihkanlah selah tersebut dengan angin kompresor. Karena penyebab selang solar yang macet tersebut biasanya karena adanya kotoran yang mengendap dan menumpuk.

3. Bosch Pump Lemah

Apabila selang solar dalam keadaan bagus, maka langkah selanjutnya yaitu memeriksa kondisi bosch pump. Pastika bosch pump dapat memompa bahan bakar dengan sempurna. Jika tekanannya lemah, periksalah bagian plunger atau ring delivery valve. Karena kedua bagian itulah yang sering menjadi penyebab tekanan bosch pump menurun.

4. Nozzle Rusak

Kemudian periksa juga kondisi nozzle apakah masih berfungsi dengan baik. Nozzle yang telah aus atau rusak menyebabkan pengkabutan tidak sempurna. Biasanya ditandai oleh keluarnya asap putih kebiruan dari knalpot. Jika nozzle sudah tidak bagus, gantilah dengan yang baru.

5. Air Radiator Habis

Air radiator memiliki peranan penting sebagai pendingin mesin. Jika habis, segeralah untuk mengisi kembali hingga penuh. Karena air radiator yang habis, menyebabkan mesin menjadi cepat panas dan dapat mengakibatkan mesin mati secara mendadak.

6. Oli Mesin Kurang

Sama halnya seperti air radiator, peranan oli mesin juga sangat penting, yaitu sebagai pelumas bagian-bagian mesin yang bergerak. Jika kapasitas oli mesin kurang, maka akan mengakibatkan sistem pelumasan kurang maksimal. Akibatnya mesin cepat panas dan dapat macet. Oleh sebab itu, periksalah oli mesin sesering mungkin. Jika sudah berkurang, isilah kembali sampai batas level maksimal.

Itulah beberapa penyebab mesin diesel mati mendadak. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah tersebut, silahkan periksa bagian-bagian yang telah diuraikan di atas. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top