Tip & Trik Cara Mengatasi Mesin Genset Susah Hidup

Cara Mengatasi Mesin Genset Susah Hidup

cara mengatasi mesin genset susah hidup
Cara Mengatasi Mesin Genset Susah Hidup
Cara Mengatasi Mesin Genset Susah Hidup – Mesin genset yang jarang digunakan, bukan berarti terlepas dari pemeliharaan. Karena, perawatan mesin genset harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kita akan menggunakan mesin genset yang jarang dipaki, tetapi mesin genset tersebut susah dihidupkan.

Mesin genset yang lama tersimpan berbulan-bulan, sebaiknya dihidupkan beberapa saat dalam waktu tertentu. Misalnya seminggu sekali selama kurang lebih 5 menit saja pun itu juga sudah cukup untuk memanaskan mesin genset tersebut. Hal tersebut bertujuan agar mesin genset tidak mengalami masalah ketika akan menggunakannya kembali.

Namun, jika mesin genset tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama tanpa dipanaskan sama sekali, hal itu akan mengakibatkan mesin genset tersebut susah hidup. Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya permasalahan tersebut, lakukanlah beberapa tips berikut ini tentang cara mengatasi mesin genset susah hidup.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Genset Susah Hidup 

1. Membersihkan Karburator

Mesin genset yang lama tidak digunakan dan tidak pernah dipanaskan, akan terjadi pengendapan bahan bakar pada karburator. Endapan tersebut akan mengakibatkan karburator menjadi kotor dan tersumbat. Oleh karena itu, kita harus membersihkan karburator tersebut sebelum menghidupkan mesin genset yang telah lama tidak dipakai.

2. Mengganti Busi

Jika dengan membersihkan karburator dan mesin genset masih belum dapat dihidupkan, cobalah untuk mengganti busi dengan yang baru. Karena biasanya busi pada mesin yang jarang dihidupkan akan menjadi berkarat. Hal itu menyebabkan fungsi busi akan berkurang / percikan nyala apinya menjadi melemah dan tidak dapat melakukan pembakaran. Sehingga mesin genset akan susah dihidupkan.

3. Membersihkan Kerak Pada Ruang Pembakaran

Sirkulasi bahan bakar dan oli mesin yang terhenti dalam waktu yang lama, akan mengakibatkan ruang pembakaran pada mesin menjadi berkerak. Kotoran kerak tersebut akan mengakibatkan kompresi pada ruang bakar menjadi berkurang atau hilang. Sehingga mesin genset akan susah duhidupkan atau bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, bongkarlah silinder head dan bersihkanlah kerak yang menempel pada ruang pembakaran tersebut. Jika kotoran keraknya tidak begitu tebal, cukup mencucinya dengan bensin. Namun jika keraknya pekat dan tebal, maka harus dilakukan proses penyekiran pada bagian klep.

Begitulah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi mesin genset susah hidup. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *