Home » Cara Mengatasi Genset Tidak Keluar Listrik

Cara Mengatasi Genset Tidak Keluar Listrik

genset+tidak+keluar+listrik
Genset Tidak keluar Listrik

Cara Mengatasi Genset Tidak Keluar Listrik – Genset merupakan alternatif sumber listrik yang dapat digunakan sebagai pengganti energi listrik ketika terjadi pemadaman listrik PLN. Namun, bagaimana jika genset tersebut bermasalah dan tidak keluar listriknya? Simak uraian berikut ini mengenai cara mengatasi genset tidak keluar listrik.

Permasalahan mesin genset yang tidak keluar listriknya, memang sering terjadi pada mesin penghasil listrik tersebut. Hal itu bisanya disebabkan oleh kurang pahamnya tata cara dalam penggunaan mesin genset yang benar. Sehingga, mengakibatkan kerusakan yang mengakibatkan tegangan listrik genset menghilang.

Untuk mengatasi mesin genset yang tidak mengeluarkan arus listrik, sebenarnya tidak begitu sulit. Karena, hanya perlu mengamati dan memeriksa komponen kelistrikan pada mesin genset tersebut.  Dengan begitu, kita akan mengetahui komponen mana yang rusak dan harus diperbaiki.

Dan berikut merupakan beberapa penyebab komponen kelistrikan pada mesin genset yang sering menjadi penyebab mesin genset tidak keluar listriknya beserta dan cara mengatasinya.

Penyebab Genset Tidak Keluar Listrik Dan Cara Mengatasinya

1. Kabel Output Putus

Genset memiliki generator yang berfungsi sebagai penghasil arus listrik. Arus yang keluar dari generator akan dialirkan oleh kabel menuju lubang stop kontak pada genset. Namun, kabel out put tersebut sering kali meleleh karena tidak kuat menahan panas listrik. Sehingga mengakibatkan listrik yang keluar dari generator akan terhenti.

Cara mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan menelusuri jalur kabel yang keluar dari generator. Jika menemukan kabel yang putus, maka sambunglah kembali dan tutup dengan isolatip. Kemudian lakukan pengecekan ulang dengan multitester.

2. Kapasitor Genset Terbakar

Pada mesin genset yang memiliki kapasitas arus listrik di bawah 2500 watt, memiliki sebuah kapasitor yang berfungsi sebagai pengontrol arus listrik yang keluar dari generator mesin genset tersebut. Jika pemakaian listrik melebihi kapasitas, maka kapasitor tersebut akan terbakar atau meleleh.

Jika kapasitor tersebut terbakar (putus), cara mengatasinya yaitu  dengan mengganti kapasitor baru yang memiliki ukuran yang sama dengan kapasitor yang telah rusak tersebut.

3. AVR Mati

Penyebab yang ketiga dari mesin genset tidak keluar arus listrik yaitu AVR mati. AVR merupakan kepanjangan dari automatis voltage regulator yang fungsinya mirip dengan kapasitor yaitu sebagai pengatur keluarnya arus listrik yang keluar dari generator. Dan AVR ini hanya dimiliki oleh mesin genset yang memiliki kapasitas listrik di atas 2500 watt.

Untuk dapat mengetahui AVR mesin genset yang rusak, kita dapat melihat tanda-tandanya, seperti AVR yang meleleh, sambungan kabelnya tidak terhubung, atau terdapat retakan pada fisik AVR tersebut.

Jika menemui gejala AVR rusak, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengganti AVR tersebut dengan AVR baru. Namun perlu ketahui bahwa untuk mengganti AVR tersebut haruslah memiliki bentuk dan kapasitas daya listrik yang sama dengan yang diganti.

4. RPM Mesin Rendah

Putaran mesin yang lambat dapat juga menjadi penyebab tegangan listrik pada mesin genset tidak keluar. RPM mesin yang lambat ini juga dapat menyebabkan frekuensi listrik genset tidak stabil. Sehingga arus listrik yang keluar tidak beraturan.

Jika RPM mesin menurun, maka kita harus menyervis mesin penggerak pada genset tersebut. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara membersihkan karburator, mengganti busi, atau mengencangkan baut head pada mesin penggerak genset tersebut.

5. Generator Terbakar

Faktor penyebab genset tidak keluar arus listrik selanjutnya yaitu generator terbakar. Generator merupakan bagian yang berupa gulungan tembaga. Biasanya, penyebab dari generator terbakar ini yaitu menempelnya bagian rotor dengan stator, sehingga mengakibatkan generator tersebut cepat panas yang lama-kelamaan akan terbakar.

Cara mengatasi generator yang terbakar yaitu dengan menggulung gulungan tembaga pada generator tersebut. Namun, jika ingin lebih cepat, kita dapat mengganti rotor dan stator teserbut dengan yang baru.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi mesin genset yang tidak keluar arus listrik. Semoga bisa menjadi sedikit wawasan yang bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top