Home » Tip & Trik » Cara Menyetel Posisi Van Belt Mesin Cabut Bulu Ayam

Cara Menyetel Posisi Van Belt Mesin Cabut Bulu Ayam

cara+menyetel+van+belt+mesin+cabut+bulu+ayam
Cara Menyetel Van Belt Mesin Cabut Bulu Ayam

Cara Menyetel Posisi Van Belt Mesin Cabut Bulu Ayam – Mesin cabut bulu ayam adalah alat yang digunakan untuk mencabut bulu ayam atau unggas lainnya dengan bantuan mesin. Pada umumnya, mesin cabut bulu ayam menggunakan elektromotor sebagai sumber penggeraknya. Karena selain lebih mudah dan praktis, menggunakan sumber elektromotor juga tidak menimbulkan suara yang berisik.

Namun, dibalik semua itu ternyata ada juga yang lebih suka dengan menggunakan mesin penggerak bensin. Mungkin karena alasan daya listrik rumah yang tidak kuat untuk menghidupkan elektromotor. Karena elektromotor yang digunakan pada mesin cabut bulu ayam memang memiliki kapasitas daya listrik yang cukup tinggi.

Menggunakan sumber penggerak mesin bensin pada mesin cabut bulu ayam memang tidak sebegitu efisien jika dibandingkan dengan menggunakan elektromotor. Kita harus menghidupkan mesin penggeraknya terlebih dahulu sebelum menggunakan mesin cabut bulu ayam tersebut.

Meskipun begitu, menggunakan sumber penggerak mesin bensin juga memiliki kelebihan tersendiri, yaitu kita dapat mengoperasikan mesin cabut bulu ayam tersebut ketika dalam keadaan mati lampu atau pemadaman listrik.

Nah, jika menggunakan mesin bensin pada mesin cabut bulu ayam, maka kita harus dapat melakukan penyetelan van belt. Karena posisi pullynya yang tegak lurus, maka kita harus dapat menemukan letaknya dengan benar agar van belt tidak mudah lepas. Lalu, bagaimana caranya? Simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga :  Tips Memilih Mesin Potong Rumput

Cara Menyetel Posisi Van Belt Mesin Cabut Bulu Ayam

Jika menggunakan sumber penggerak mesin bensin pada mesin cabut bulu ayam, hal yang terpenting adalah kita harus dapat mengatur posisi van belt (tali kipas). Karena jika pemasangan jalur van belt salah, maka van belt tersebut akan terlepas dari tempatnya jika mesin penggerak dihidupkan.

Untuk penyetelan posisi dan jalur van belt yang benar pada mesin cabut bulu ayam yang menggunakan sumber penggerak mesin bensin, silahkan melihat gambar yang tertera di atas. Begitulah posisi van belt yang tepat dan benar. Dan untuk cara menghidupkan sumber penggerak mesin bensin, silahkan baca cara menghidupkan mesin GX 160.

Kira-kira begitulah sedikit penjelasan mengenai bagaimana mengatur posisi sumber penggerak mesin bensin pada mesin cabut bulu ayam. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top