Home » Servis » Cara Mudah Service Genset Besin

Cara Mudah Service Genset Besin

cara mudah service genset bensin
Cara Mudah Service Genset Bensin

Cara Mudah Service Genset Bensin – Melakukan service pada mesin genset merupakan suatu yang perlu dilakukan secara rutin. Hal tersebut bertujuan agar mesin genset awet dan terhindar dari masalah yang mungkin terjadi pada mesin genset tersebut.

Salah satu jenis mesin genset yang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari yaitu mesin genset bensin. Dalam segi perawatan, mesin genset bensin ini memang tergolong lebih simple dari pada genset solar. Sehingga, banyak yang menggunakan mesin genset bensin ini untuk kepentingan penggantian sumber energi listrik.

Cara perawatan mesin genset, sebenarnya tidak harus dilakukan di bengkel. Karena, pemeliharaan mesin genset bensin sebenarnya sangat mudah. Dan kita dapat melakukannya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya jasa service genset.
Service mesin genset, sebaiknya jangan sampai menunggu sampai mesin genset tersebut mengalami kerusakan. Karena, biaya perbaikan genset yang telah rusak tidaklah murah. Dan berikut merupakan panduan service genset bensin yang dapat diterapkan untuk semua merk mesin genset.

Cara Mudah Service Mesin Genset Bensin

Untuk melakukan service pada mesin genset bensin, haruslah memperhatikan apa saja yang perlu diperiksa dan diganti. Karena, ada beberapa bagian yang memang perlu dicek secara teratur. Lalu bagian apa saja yang perlu dicek? Simak uraian berikut ini.
1. Ganti Oli Mesin Secara Teratur
Oli mesin memiliki peranan penting pada performa mesin genset. Oleh karena itu, periksalah kapasitas oli pada genset sesering mungkin. Apalagi jika genset tersebut digunakan sehari-hari. Pasti kondisi oli mesin akan cepat mengental dan hitam.
Oli mesin yang sudah mengental, tentu saja akan mengakibatkan kinerja komponen mesin genset menurun dan mengakibatkan mesin cepat panas. Oleh karena itu, gantilah oli mesin secara teratur agar performa genset tetap terjaga.
 

2. Servise Karburator Secara Berkala

Pada mesin genset bensin, karburator merupakan komponen penting yang harus dibersihkan secara berkala. Karena, karburator inilah yang bertugas sebagai penyuplai bahan bakar.
Apabila kondisi karburator kurang sehat, maka mesin genset akan mengalami sedikit masalah seperti, bunyi tersendat-sendat karena kurang lancarnya asupan bahan bakar di ruang pembakaran. Oleh karena itu, bersihkan karburator mesin genset secara berkala.
3. Ganti Busi Secara Berkala
Busi merupakan bagian mesin genset yang berfungsi sebagai penghasil pengapian untuk proses pembakaran. Sehingga, peranan busi sangat penting pada mesin genset. Oleh karena itu, periksalah busi secara berkala.
Busi yang tidak sehat, akan terlihat dari bunyi mesin genset yang meletup-letup ketika genset dinyalakan. Atau bisa juga ditandai dari mesin genset yang susah dihidupkan. Oleh karena itu, jika mengalami kondisi seperti itu, gantilah busi agar pembakaran pada mesin genset sempurna.
Demikianlah panduan mengenai service mesin genset bensin. Lakukanlah langkah-langkah seperti diatas pada mesin genset agar genset tetap efisien. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top