Home » Mesin » Cara Menggunakan Cup Sealer

Cara Menggunakan Cup Sealer

cara+menggunakan+cup+sealer
Cara Menggunakan Cup Sealer

Cara Menggunakan Cup Sealer – Cup sealer adalah mesin yang digunakan untuk mengepres gelas plastik. Mesin ini sangat membantu dalam mengemas makanan atau minuman ke dalam cup gelas plastik. Sehingga, alat ini banyak dipakai oleh para penjual makanan dan minuman instan (siap saji).

Cara kerja cup sealer yaitu merekatkan dua bagian yang terbuat dari plastik dengan suhu panas yang telah ditentukan. Setelah kedua bagian merekat, alat ini akan memotong berbentuk lingkaran secara otomatis. Sehingga menghasilkan cup gelas yang tertutup rapat oleh plastik.

Komponen cup selaer terdiri dari dua bagian utama, yaitu elemen pemanas dan alat potong. Elemen pemanas pada cup sealer mampu menghasilkan temperatur suhu panas hingga mencapai 250 derajat celcius. Sedangkan untuk alat potongnya menggunakan mata gergaji berbentuk lingkaran. Kedua komponen tersebut akan bekerjasama dalam satu langkah tekanan tuas yang menghasilkan sebuah pengepresan.

Pada dasarnya, mesin cup sealer terbagi menjadi dua jenis, yaitu mesin cup sealer manual dan mesin cup sealer otomatis. Mesin cup sealer manual merupakan jenis alat pres gelas plastik yang dioperasikan secara manual. Sedangkan cup sealer otomatis merupakan cup sealer yang dilengkapi dengan sistem sensor yang mampu bekerja secara otomatis. Berikut merupakan cara menggunakan cup sealer dari jenis yang paling sering digunakan, yaitu cup sealer manual.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Mesin Gerinda Datar Dan Sistem Kerjanya

Cara Menggunakan Cup Selaer

Cara menggunakan mesin cup sealer sangat mudah. Namun, jika belum pernah menggunakan dan akan mencoba mengoperasikannya, silahkan ikuti panduan berikut ini.

1. Nyalakan cup sealer dengan cara memasukan kabel power ke sumber listrik. Setelah itu tekan tombol power ke posisi ON dan lampu indikator (hijau) akan menyala.
2. Aturlah temperatur suhu panas cup sealer tersebut pada suhu sekitar 150 ℃. Kemudian tunggu beberapa saat sampai lampu temperatur (merah) menyala.
3. Tariklah dudukan cup (gelas plastik) keluar. Kemudian pilihlah dudukan yang sesuai dengan ukuran cup yang akan dikemas. Dudukan cup tersebut memiliki dua variasi, yaitu ukuran gelas plastik besar dan kecil. Oleh karena itu, pilihlah dudukan yang tepat dengan cara membalik ring dudukan tersebut sesuai dengan ukuran gelas plastik yang akan dipres.
4. Tempatkan gelas plastik yang telah terisi makanan atau minuman. Kemudian dorong dudukan gelas plastik tersebut ke dalam.
5. Arahkan posisi plastik penutup dengan tepat supaya tutup kemasan tepat pada gambarnya. Biasanya ketepatan tersebut ditandai oleh posisi garis hitam depan dan belakang sejajar.
6. Tekan tuas pengepresan ke bawah sampai proses pemotongan plastik berbunyi. Tahan sekitar 3 detik. Kemudian kembalikan tuas pengepresan tersebut ke posisi semula.
7. Tarik dudukan gelas plastik keluar dan proses pengepresan selesai.

Baca Juga :  Komponen Genset Dan Fungsinya

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan cup sealer plastik manual. Untuk mematikan cup sealer, cukup menekan tombol power ke posisi OFF, lalu mencabut kabel power dari sumber listrik. Setelah proses pengepresan selesai, sebaiknya bersihkan cup sealer agar tetap terjaga kebersihannya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

2 thoughts on “Cara Menggunakan Cup Sealer”

  1. Kalau udah posisi on, sakelarnya udah gak dimatiin lagi ya selama seharian, nanti tokonya ditutup baru sakelarnya dimatikan? Terimakasih

    1. Dimatiin gak papa, dihidupin terus juga gak papa. Fungsi saklar disini ibaratkan kaya saklar setrika baju, jika tidak ingin menunggu panas dari awal ya dihidupin saja. Tapi kalau pemakaian tidak begitu sering, mending dimatikan saja (lebih hemat listrik).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top