Home » Info Baru » Cara Menggunakan Mesin Cuci Untuk Pemula

Cara Menggunakan Mesin Cuci Untuk Pemula

cara+menggunakan+mesin+cuci
Cara Menggunakan Mesin Cuci Untuk Pemula

Cara Menggunakan Mesin Cuci Untuk Pemula – Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci memang sangat membantu perkerjaan rumah tangga. Selain menghemat waktu dan tenaga, kita juga bisa melakukan kegiatan lain meskipun dalam keadaan sedang mencuci pakaian.

Dengan berkembangnya zaman, kehadiran mesin cuci ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Tetapi, ternyata masih ada juga yang belum tahu bagaimana cara menggunakan mesin cuci yang benar. Sehingga, hasil cucian pun tidak maksimal seperti yang diharapkan.

Bagi yang baru membeli mesin cuci dan belum paham cara mengoperasikannya, pasti masih bingung dan takut salah memakaianya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan diberitahukan bagaimana cara menggunakan mesin cuci untuk pemula.

Namun, sebelum mengulas prosedur dan tata cara menggunakan mesin cuci, perlu diketahui bahwa mesin cuci terbagi menjadi 2 jenis dalam sistem pengoperasiannya, yaitu mesin cuci manual dan otomatis.

1. Mesin Cuci Manual (Semi Otomatis)

Mesin cuci semi otomatis merupakan jenis mesin cuci yang memiliki dua buah tabung, yaitu tabung pencuci dan pengering. Dengan memiliki dua tabung yang masih terpisah antara pencuci dan pengering, tentu saja untuk mengeringkan menggunakan mesin cuci ini, kita harus memindahakan pakaian yang akan dikeringkan secara manual. Oleh sebab itu, mesin cuci semi otomatis ini sudah mulai ditinggalkan karena dinilai kurang efisien.

2. Mesin Cuci Otomatis

Mesin cuci otomatis adalah mesin cuci yang penuh bekerja dengan sensor-sensor otomatis. Mulai dari mencuci, membilas dan mengeringkan. Pada  mesin cuci otomatis ini juga telah disediakan tombol-tombol pengaturan, seperti memilih jenis pakaian yang akan dicuci, pengaturan kapasitas air, dan juga waktu mencuci. Sehingga, untuk menggunakan mesin cuci ini hanya perlu menekan sekali tombol start, maka mesin cuci ini akan bekerja penuh hingga proses pengeringan selesai.

Berdasarkan posisi tutup pintunya, mesin cuci otomatis ini dibagi menjadi dua, yaitu mesin cuci otomatis tutup atas dan mesin cuci otomatis tutup samping (depan). Untuk cara pemakaiaanya sama saja. Yang berbeda adalah harganya, dimana mesin cuci tutup samping memiliki harga yang paling mahal di antara lainnya. Karena memang lebih dikenal memberikan hasil yang maksimal dalam mencuci pakaian.

Setelah mengetahui jenis-jenis mesin cuci, kita lanjutkan mengenai bagaimanan cara menggunakan mesin cuci tersebut. Dan tentunya, silahkan pilih diantara mesin cuci yang anda miliki masing-masing di rumah.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Untuk Pemula

Sebenarnya, pada setiap pembelian mesin cuci pasti terdapat buku pedoman cara pemakaian mesin cuci. Namun, apabila masih kurang paham, silahkan simak uraian berikut ini untuk mengoperasikan mesin cuci yang anda miliki.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Manual (Semi Otomatis)

Untuk menggunakan mesin cuci manual atau semi otomatis, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan mesin cuci telah tersambung ke sumber listrik sebelum mengoperasikaanya. Kemudian, hubungkan mesin cuci dengan sumber air dengan menggunakan selang.

2. Masukan pakaian kotor beserta detergen favorit anda, kemudian isi dengan air hingga seluruh pakaian terendam air. Kemudian tutup pintu mesin cuci dengan benar.

3. Putar tombol batas waktu sesuai banyaknya pakaian yang dicuci. Semakin banyak pakaian yang dicuci, sebaiknya semakin lama juga menetukan waktunya. Kemudian pilih start (mulai).

4. Setelah proses pencucian selesai, buanglah air dengan memutar tombol keluar. Setelah air habis terbuang, tutup kembali tombolnya agar lubang pengeluaran air tertutup.

5. Kemudian isikan air lagi pada tabung pencucian untuk melakukan pembilasan. Bisa juga menambahkan pewangi secukupnya dan jangan lupa tutup kembali pintu mesin cuci. Kemudian putar tombol batas waktu untuk melakukan pembilasan dan pilih tombol start kembali.

6. Setelah proses pembilasan selesai, buanglah air sampai habis dengan membuka tombol keluar.

7. Kemudian, pindahkan pakaian ke dalam tabung pengering. Karena biasanya tabung pengering ini memiliki ukuran yang lebih kecil, sebaiknya bagilah pakaian menjadi beberapa tahap agar hasil pengeringan bisa maksimal.

8. Setelah pakaian masuk ke tabung pengering, tutuplah pintunya. Kemudian, putar tombol pengeringan sesuai batas waktu yang diinginkan. Tunggu proses pengeringan selesai, dan pakaian siap dijemur.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

Pengoperasian mesin cuci otomatis ini lebih gampang dari pada mesin cuci manual. Karena hanya butuh beberapa pengaturan saja dan mesin cuci akan bekerja dengan sendirinya sampai selesai. Dan untuk caranya menggunakan mesin cuci otomatis adalah sebagai berikut :

1. Pastikan mesin cuci telah tersambung dengan sumber listrik. Kemudian, pasang selang pengisian air ke sumber air dan pastikan keran selalu dalam posisi terbuka.

2. Masukan pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Kemudian masukan juga deterjen kesayangan anda pada tempatnya. Perlu diketahui, mesin cuci otomatis ini memiliki tempat detergen sendiri.

3. Kemudian tutup pintu mesin air dan tekan tombol power untuk menghidupkan mesin cuci. Dan untuk memulai mencuci, tekan tombol start. Maka mesin cuci akan bekerja secara otomatis dalam menentukan batas waktu, pengisian banyaknya kapasitas air, melakukan pembilasan, dan proses pengeringan. Dan kita tinggal menunggu sampai mesin cuci berbunyi tanda selesai mencuci dan pakaian siap untuk dijemur.

Begitulah langkah-langkah dalam mengunakan mesin cuci baik secara manual maupun otomatis. Mengingat pentingnya peranan mesin cuci ini dalam melaksanakan tugas mencuci pakaian, maka sebaiknya lakukanlah perawatan agar mesin cuci lebih awet dengan cara seperti berikut ini.

Perawatan Mesin Cuci Yang Benar

1. Membuka pintu mesin cuci setelah melakukan proses pencucian. Hal ini bertujuan agar tabung mesin cuci kering dan terhindar dari jamur serta bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap pada pakaian.

2. Bersihkan bagian mesin cuci yang basah terkena percikan air untuk menghidari timbulnya korosi yang mengakibatkan mesin cuci cepat keropos.

3. Bersihkan secara berkala mesin cuci dengan menuangkan air hangat ke dalam tabung pencucian untuk menghindari sisa kotoran yang mengumpul yang mengakibatkan saluran pembuangan mampat.

Demikanlah pembahasan mengenai cara menggunakan mesin cuci. Semoga bermafaat dan dapat dijadikan prosedur yang benar bagi para pemula pengguna mesin cuci.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top