Mesin Penyebab Mesin Potong Rumput Gancet

Penyebab Mesin Potong Rumput Gancet

mesin+potong+rumput+gancet
Penyebab Mesin Potong Rumput Gancet

Penyebab Mesin Potong Rumput Gancet – Di antara permasalahan yang sering terjadi pada mesin potong rumput adalah gancet. Gancet atau macet merupakan kondisi dimana mesin tidak bisa berputar. Meskipun kita mencoba untuk menarik staternya, maka yang terjadi hanyalah mesin diam tidak ada gerakan sama sekali.

Menurut para ahli mesin rumput, masalah gancet ini terjadi karena adanya kesalahan dari penggunanya. Banyak yang bisa mengoperasikan mesin rumput, namun sedikit yang mengetahui cara perawatannya. Sehingga, mesin potong rumput sering mengalami kerusakan dan salah satunya yaitu macet.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi mesin potong rumput tiba-tiba mati dan macet. Dan berikut ini merupakan macam-macam penyebab mesin potong rumput gancet dan cara mengatasinya.

Penyebab Mesin Potong Rumput Gancet Dan Cara Mengatasinya

1. Kesalahan Mencampur Bahan Bakar

Pada mesin potong rumput 2 tak, bahan bakar uang digunakan adalah bensin campur. Yaitu perpaduan antara premium dan oli samping.  Dan kesalahan yang terjadi yang menjadi penyebab mesin potong rumput gancet yaitu kurangnya takaran oli samping pada bahan bakar.

Jika percampuran oli samping terlalu sedikit, maka menjadikan mesin cepat panas saat digunakan. Dan lama-kelamaan pergerakan piston akan mecet karena panas yang berlebihan. Sehingga, akan menjadikan mesin potong rumput gancet.

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengganti piston yang rusak tersebut. Dan hal ini biasanya dibarengi oleh silinder blok baret. Sehingga, kita harus mengganti kedua bagian tersebut agar mesin dapat hidup kembali.

2. Oli Mesin Kurang

Permasalahan ini hanya terjadi pada mesin potong rumput 4 tak. Mesin potong rumput 4 tak menggunakan oli mesin sebagai pelumas bagian-bagiannya.

Jika oli mesin berkurang dari kapasitasnya, maka mesin akan cepat panas karena oli tidak dapat menyebar ke seluruh bagian-bagian yang bergerak. Sehingga akan terjadi pergesekan yang besar dan akhirnya mesin gancet.

Sama halnya dengan mesin potong rumput 2 tak, jika mesin potong rumput 4 tak mengalami kurang pelumasan, maka bagian yang sering rusak adalah piston dan silinder blok. Sehingga, jika mesin potong rumput 4 tak gancet, kita harus mengganti diantara kedua bagian tersebut.

3. Ada Benda Yang Masuk Ke Dalam Mesin

Banyak yang tidak menyadari ketika membabat rumput dengan mesin potong rumput. Biasanya ada benda yang lompat dan masuk ke mesin. Sehingga mesin tiba-tiba mati. Dan ketika akan dihidupkan kembali sudah tidak dapat berputar.

Meskipun penyebab ini jarang terjadi, namun tidak ada salahnya jika terjadi mesin gancet, kita memeriksa apakah ada sesuatu benda yang mengganjal putaran mesin. Jika memang menemukan benda yang terselip. Ambilah benda tersebut cobalah untuk menghidupkan mesin kembali.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab mesin potong rumput gancet dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *