Home » Mesin » Cara Menggunakan Mesin Bor Listrik

Cara Menggunakan Mesin Bor Listrik

cara+menggunakan+mesin+bor
Cara Menggunakan Mesin Bor Listrik

Cara Menggunakan Mesin Bor Listrik – Dalam dunia pertukangan, mesin bor merupakan jenis power tool yang digunakan untuk membuat lubang. Penggunaan alat ini memang sangat mudah, namun kita tetap harus mengikuti prosedur penggunaan yang benar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mesin bor itu sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya yang paling sering dijumpai yaitu mesin bor tangan dan mesin bor duduk. Meskipun cara penggunaanya sedikit berbeda, namun pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang sama, yaitu memanfaatkan energi listrik untuk mengahsilkan putaran untuk melubangi benda.

Ketika akan menggunakan mesin bor untuk membuat lubang pada suatu benda, hal wajib pertama yang harus diketahui adalah bagian-bagian mesin bor. Selain itu, kita juga harus memperhatikan hal-hal penting agar mesin bor dapat digunakan dengan aman. Dan berikut merupakan pembahasan mengenai cara menggunakan mesin bor listrik.

Cara Menggunakan Mesin Bor Listrik Yang Benar

Dalam menggunakan mesin bor, kita harus mengikuti pedoman sesuai standar pabrik yang telah ditetapkan. Dengan begitu, kita dapat menggunakannya dengan benar dan aman. Dan berikut ini merupakan langkah-langkah dalam mengunakan mesin bor listrik yang benar.

  • Sebelum menggunakan mesin bor, periksalah kondisi mesin terlebih dahulu apakah dalam keadaan layak pakai atau tidak.
  • Pastikan mesin bor dapat berputar lancar dan chuck bor normal (dapat membuka dan menutup), sehingga aman untuk digunakan.
  • Periksa tegangan listrik yang akan digunakan apakah sesuai dan mampu untuk menjalankan mesin bor.
  • Gunakan mata bor sesuai fungsinya. Ada banyak jenis mata bor, pilihlah mata bor sesuai bahan yang akan dibuat lubang.
  • Bukalah chuck bor dan pasang mata bor pada chuck bor dengan benar, kemudian kencangkan dengan kunci chuck dengan memutar searah jarum jam.
  • Gunakan penitik untuk membuat tanda pada benda jenis logam uang akan dibuat lubang. Hal ini bertujuan agar mata bor tidak meleset pada bagian yang dibuat lubang.
  • Jika menggunakan mesin bor duduk, aturlah rpm mesin sesuai tabel penggunaan. Sedangkan apabila menggunakan bor tangan, kita dapat menyesuaikan putaran dengan dimmer.
  • Ketika membuat lubang pada benda kecil, pastikan benda telah terjepit dengan kuat. Pada mesin bor duduk, kita dapat menggunakan ragum untuk mengunci benda kerja.
  • Arahkan mata bor tepat pada bagian benda yang sebelumnya telah diberi titik. Kemudian hidupkan mesin bor dan perhatikan posisi mata bor agar selalu tegak lurus terhadap benda.
  • Untuk benda-benda yang keras, kita bisa menggunakan coolant (cairan pendingin) untuk mengurangi panas akibat gesekan mata bor dengan benda.
  • Setelah selesai menggunakan mesin bor, matikan mesin dan lepaskan mata bor dari chuck dengan memutar menggunakan kunci chuck ke arah berlawanan dengan jarum jam.
  • Bersihkan mesin dan mata bor dari kotoran sisa pengeboran, kemudian simpan di tempat yang kering dan aman.

Tip Aman Menggunakan Mesin Bor Listrik

Pada saat membuat lubang dengan menggunakan mesin bor, kita juga harus memperhatikan keselamatan kerja. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan mencegah kecelakaan kerja. Dan berikut merupakan tip yang harus dilakukan pada saat menggunakan mesin bor.

  • Memakai APD (Alat Perlindungan Diri) dengan benar, seperti kaca mata, sarung tangan, masker, pelindung telinga, topi kerja dan lain sebagainya.
  • Tidak disarankan memakai aksesoris badan yang menggantung dan pakaian yang terlalu longgar. Hal ini penting guna menghindari tersangkut dari putaran mesin.
  • Hindari jalur kabel dari genangan air. Hal ini bertujuan untuk menghindari dari efek kesetrum ketika menghidupkan mesin bor.
  • Usahan jarak antara mesin bor dengan sumber listrik sedekat mungkin agar kabel tidak dalam posisi tertarik.
  • Hindari pemakaian mata bor yang sudah tidak layak, seperti bengkok atau tumpul. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya mata bor patah ketika melakukan proses pengeboran.

Demikanlah penjelasan mengenai cara menggunakan mesin bor listrik yang benar. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top