Home » Mesin » Bagian – Bagian Mesin Cuci Dan Fungsinya

Bagian – Bagian Mesin Cuci Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+cuci
Bagian – Bagian Mesin Cuci Dan Fungsinya

Bagian – Bagian Mesin Cuci Dan Fungsinya – Pada sebuah mesin cuci, terdapat bagian-bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Dan setiap bagian-bagian tersebut saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga membentuk sebuah sistem kerja yang digunakan dalam proses pencucian.

Pada dasarnya, mesin cuci 1 tabung atau pun 2 tabung memiliki komponen yang sama. Yang membedakannya yaitu jumlah komponen dan modul pengoperasiannya. Dimana mesin cuci satu tabung biasanya memiliki sistem modul otomatis untuk menjalankan setiap proses kerjanya.

Dan beriku ini merupakan pembahasan mengenai bagian-bagian yang ada di dalam mesin cuci beserta penjelasan fungsinya. Silahkan di simak untuk menambah wawasan tentang mesin cuci.

Bagian – Bagian Mesin Cuci Dan Fungsinya

1. Mesin Penggerak

Bagian yang pertama adalah mesin penggerak. Mesin penggerak pada mesin cuci berupa dinamo yang dilengkapi dengan kapasitor starting dan running. Sehingga memiliki kekuatan yang tangguh untuk menjalankan fungsinya, yaitu memutar tabung pencuci yang terisi air dan pakaian.

2. Vanbelt

Vanbelt pada mesin cuci biasanya berukuran kecil. Vanbelt ini berfungsi untuk menghubungkan poros dinamo dengan poros tabung pencuci. Letaknya berada di dalam rangka mesin cuci.

3. Gear Mesin

Gear mesin merupakan sekumpulan roda gigi yang berfungsi sebagai pengatur gerakan tabung pencuci. Seperti gerakan lambat, kencang, dan juga bolak-balik.

4. Tabung Pencuci

Tabung pencuci merupakan bagian mesin cuci yang berfungsi sebagai penampung air dan pakaian yang akan dicuci. Pada mesin cuci 2 tabung terdapat satu tabung yang berguna khusus untuk mengeringkan pakaian.

5. Selang Inlet Dan Outlet

Selang inlet pada mesin cuci berfungsi sebagai jalur masuknya air ke dalam tabung pencuci. Biasanya selang ini langsung dihubungkan ke keran air. Sedangkan selang outlet memiliki kegunaan untuk salauran pembuangan air.

6. Seal Mekanik

Seal mekanik merupakan katup yang terdapat pada saluran inlet dan outlet. Seal mekanik ini berfungsi untuk menutup saluran air secara otomatis jika tabung pencuci telah penuh terisi air. Namun, seal mekanik ini hanya terdapat pada mesin cuci otomatis.

7. Water Pump

Pada sebuah mesin cuci, terdapat water pump (pompa air) yang bertugas untuk mendorong laju pergerakan air hingga menjadi bertambah cepat.

8. Modul

Modul merupakan serangkaian panel pengoperasian yang terdapat pada mesin cuci. Fungsinya untuk mengatur proses mencuci, seperti tombol start, timer pencucian, pembilasan, dan pengeringan. Pada mesin cuci otomatis, biasanya memiliki modul digital yang lebih kompleks.

9. Rangka Mesin

Rangka mesin adalah komponen luar mesin cuci yang berfungsi untuk melindungi seluruh komponen yang ada di dalamnya. Seperti dinamo dan rangkaian instalasi kabel listrik mesin cuci.

Demikianlah penjelasan mengenai komponen yang ada pada mesin cuci beserta masing-masing fungsinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top