Tip & Trik Cara Melepas Mata Gerinda Yang Susah Dibuka

Cara Melepas Mata Gerinda Yang Susah Dibuka

cara melepas mata gerinda yang susah dibuka
Cara Melepas Mata Gerinda Yang Susah Dibuka
Cara Melepas Mata Gerinda Yang Susah Dibuka – Mata gerinda merupakan alat potong dari mesin gerinda tangan. Mata gerinda ini memiliki bentuk dan fungsi yang beraneka ragam. Oleh karena itu, kita dapat melepas dan mengganti mata gerinda tersebut sesuai dengan keperluan yang kita inginkan.


Cara melepas dan mengganti mata gerinda tersebut sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Kita hanya cukup menekan tombol penghenti atau penahan putaran yang terletak di bagian atas kepala mesin gerinda tersebut. Kemudian kita gunakan kunci mata gerinda atau pembuka flange pengunci tersebut dan memutarnya ke arah kiri atau berlawanan dengan putaran jarum jam.
Namun terkadang flange pengunci mata gerinda tersebut mengalami korosi atau karatan karena jarang dibuka. Sehingga flange tersebut menjadi susah untuk kita lepaskan. Apabila mengalami kejadian seperti itu, janganlah berputus asa untuk mencoba melepasanya. Karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Cara Melepas Mata Gerinda Yang Susah Dibuka

Untuk melepas mata gerinda yang susah dibuka, kita cukup menyiapkan tang buaya ( tang yang memiliki putaran pengunci ) dan cairan WD-40. Sebelum kita mencoba melepas flange pengunci mata gerinda yang susah tersebut, semprotkan cairan WD-40 tersebut ke flange yang susah dibuka tadi. Kemudian tunggu beberapa saat sambil diketuk dengan palu secara perlahan – lahan sampai cairannya meresap.

Jika cairan sudah meresap, jepitlah flange tersebut dengan menggunakan tang buaya dan kunci dengan kuat. Setelah itu, letakan mesin gerinda tangan di lantai dengan posisi miring. Agar tidak meleset, berilah alas pada mesin gerinda tangan tersebut dengan kain lap. Setelah itu, pegang dan tahan mesin gerinda tangan tersebut dan hentakan tang buaya dengan kuat.

Bagaimana, mudah bukan ? Begitulah cara melepas dan mengganti mata gerinda yang susah untuk dibuka. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *