Home » Tip & Trik » Tips Memilih Gerinda Tangan Yang Benar

Tips Memilih Gerinda Tangan Yang Benar

tips+memilih+gerinda+tangan
Tips Memilih Gerinda Tangan Yang Benar

Tips Memilih Gerinda Tangan Yang Benar – Sebelum membeli mesin gerinda tangan, sebaiknya kita tentukan dulu untuk apa mesin gerinda tersebut akan digunakan. Jika akan digunakan untuk pekerjaan sehari-hari, sebaiknya pilihlah yang memiliki kualitas terjamin. Tetapi jika hanya untuk keperluan pribadi, silahkan tentukan mesin gerinda yang menurut anda paling bagus dan harganya juga terjangkau.

Mesin gerinda tangan itu sendiri merupakan alat yang digunakan untuk memotong atau meratakan benda. Dengan memakai alat ini, pekerjaan akan menjadi semakin mudah dan cepat. Oleh sebab itu, banyak orang menginginkan adanya mesin ini guna membantu pekerjaan mereka agar cepat terselesaikan.

Meskipun ada banyak seakli merk mesin gerinda tangan yang dipasarkan, seperti bosch, makita, hitachi, modern, ryu dan lain-lain. Namun, kita harus bisa memilihnya dengan tepat. Agar tidak terjadi kesalahan dalam membeli. Karena banyak orang yang membeli mesin gerinda dengan harga murah tetapi baru digunakan sebentar sudah mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa tips memilih gerinda tangan yang benar.

Tips Memilih Gerinda Tangan Yang Benar

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dijadikan referensi sebelum membeli mesin gerinda tangan baru. Dan tips tersebut antara lain :

1. Pilihlah Merk Yang Berualitas Terjamin

Tips memilih gerinda tangan yang pertama yaitu memilih produk yang telah populer dan berkualitas. Contohnya yaitu merk bosch, makita, dan hitachi. Karena, barang yang bagus pasti kualaitasnya terjmain. Baik dari segi barang maupun keawetannya. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun kualitasnya tidak akan mengecewakan.

2. Ketersediaan Spare Part

Ketika akan membeli mesin gerinda tangan, sebaiknya terlebih dahulu menanyakannya apakah ketersediaannya suku cadangnya gampang di cari atau tidak. Hal ini sangat penting, karena jika sewaktu-waktu mesin gerinda yang telah dibeli mengalami kerusakan, kita akan mudah mencari spare partnya. Jangan sampai membeli barang yang tidak ada spare partnya, karena jika sudah rusak, pasti hanya menjadi barang rongsok.

3. Periksa Kelengkapannya

Ketika sudah memilih mesin gerinda yang akan dibeli, periksalah seluruh kelengkapannya. Seperti kunci mata gerinda, pelindung gerinda dan mata gerinda. Biasanya seluruh peralatan kelengkapan tersebut ada di dalam box beserta buku petunjuk dan surat garansi servis. Selain itu, periksalah apakah ada bagian yang rusak atau tidak. Kemudian cobalah untuk menyalakan mesin apakah bermasalah atau tidak.

4. Tentukan Sesuai Kebutuhan

Seperti yang telah di jelaskan di atas tadi, dalam memilih mesin gerinda tangan, sebaiknya tentukan untuk apa natinya mesin gerinda tersebut digunakan. Jika untuk pekerjaan berat, seperti memotong besi atau benda keras lainnya, pilihlah yang benar-benar berkualitas. Tetapi jika digunakan untuk memotong kayu atau benda-benda yang tidak terlalu keras, bisa memilih dengan merk standar, seperti maktec atau modern.

5. Sesuaikan Budget

Dan ini adalah yang paling penting di antara tip-tips di atas. Yaitu menyesuaikan budget yang kita miliki. Memang harga sangat menentukan kualitas sebuah barang. Namun, kita juga harus melihat kemampuan kita. Jika budget masih kurang untuk membeli gerinda yang berkualitas bagus, kita masih bisa membeli dengan merk-merk yang baisa. Atau bisa menunda dulu sampai budget terkumpul untuk membeli gerinda yang bagus.

Itulah beberapa tips yang dapat dijadikan perujuk sebelum memilih gerinda tangan yang akan dibeli. Ada pun jika memang harus memilih untuk membeli gerinda bekas, sebaiknya pintar-pintarlah dalam mengecek meskipun harganya memang relatif murah dibandingkan dengan yang baru. Dan tips yang dapat di terapkan ketika membeli mesin gerinda tangan bekas yaitu dengan mencoba menghidupkan mesin gerinda tersebut. Kemudian periksalah dan amati dengan teliti apakah masih bagus atau tidak dengan cara berikut ini.

Tips Memilih Gerinda Tangan Bekas

Langkah-langkah memeriksa sebelum membeli mesin gerinda tangan bekas yaitu :

1. Periksalah apakah suaranya masih halus atau tidak, jika ada suaranya sudah kasar atau terdengar suara yang aneh, sebaiknya urungkan dulu niat untuk membeli.

2. Amati bagian carbon brush ketika mesin dinyalakan, apakah ada percikan api yang menyala atau tidak. Jika ada percikan, sebaiknya jangan dibeli karena kemungkinan armature/angker gerinda sudah rusak.

3. Periksalah setiap performa bagian-bagiannya, seperti laher kepala gerinda, apakah koclak atau tidak. Kemudian cek juga kekencangan rangka cover mesin. Jika semua masih layak, barulah kita menentukan apakah masih layak dibeli atau tidak.

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih gerinda tangan yang benar. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top