Home » Cara Membuka Mata Gerinda Tanpa Kunci

Cara Membuka Mata Gerinda Tanpa Kunci

cara+membuka+mata+gerinda
Cara Membuka Mata Gerinda Tanpa Kunci

Cara Membuka Mata Gerinda Tanpa Kunci – Ketika akan mengganti mata gerinda yang sudah habis, tentunya kita harus membuka penjepitnya dahulu agar dapat memasang mata gerinda yang baru. Namun, terkadang kunci yang digunakan untuk membuka penjepitnya sering lupa menaruhnya. Sehingga kebingungan dan melakukan berbagai cara untuk dapat membuka penjepitnya.

Jika mengalami permasalahan seperti di atas, ternyata ada alternatif untuk membuka mata gerinda tanpa kunci. Meskipun cara ini sedikit melenceng dari standar prosedur penggunaan gerinda, namun cara ini dapat diterapkan ketika kunci mata gerinda hilang. Seperi apa caranya? simak ulasan berikut ini mengenai cara membuka mata gerinda tanpa kunci.

Cara Membuka Mata Gerinda Tanpa Kunci

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melepas mata gerinda tanpa menggunakan kunci. Namun, sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu mesin gerinda telah terlepas dari sumber listrik. Dan berikut merupakan tips yang dapat diterapkan untuk membuka mata gerinda tanpa kunci, diantaranya yaitu :

1. Memutar Dengan Tangan

Untuk membuka mata gerinda menggunakan tangan, kita perlu menyiapkan kain yang tebal atau sarung tangan untuk melapisi tangan ketika memutar mata gerinda. Langkah-langkahnya yaitu gunakan sarung tangan, kemudian pegang erat-erat mata gerinda dan tekan penahan mata gerinda yang terletak di kepala mesin gerinda. Setelah itu, putar mata gerinda ke arah berlawanan jarum jam dengan kuat. Jika berhasil, maka penjepit mata gerinda akan terlepas dengan sendirinya.

2. Menggunakan Tang Buaya (Tang Grip)

Jika langkah pertama belum membuahkan hasil, maka kita bisa gunakan cara yang kedua, yaitu dengan menggunakan tang buaya. Tang buaya itu sendiri merupakan jenis tang yang memiliki pengunci. Dan cara untuk membuka mata gerinda dengan tang buaya yaitu jepit penjepit mata gerinda dengan tang buaya, kemudian kunci tang buaya agar tidak terlepas. Sambil menekan penahan mata gerinda, putarlah tang buaya tersebut ke kiri (berlawanan dengan arah jarum jam). Dengan begitu, maka penjepit mata gerinda akan terbuka.

3. Menggunakan Betel

Untuk membuka mata gerinda dengan menggunakan betel, kita perlu mencari satu orang untuk membantu menekan penahan mata gerinda. Dan langkah-langkagnya yaitu tepatkan ujung betel pada salah satu lubang yang terdapat pada penjepit mata gerinda. Jika penahan sudah ditekan, pukulan betel tersebut dengan menggunakan palu secara perlahan-lahan ke arah kiri sampai berputar. Setelah dapat berputar, kita bisa melepas penjepit mata gerinda tersebut dengan tangan.

Itulah beberapa cara untuk membuka mata gerinda tanpa menggunakan kunci. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top