Home » Tip & Trik » Cara Memasang Mata Gerinda Tangan

Cara Memasang Mata Gerinda Tangan

cara+memasang+mata+gerinda+tangan
Cara Memasang Mata Gerinda Tangan

Cara Memasang Mata Gerinda Tangan – Sebelum menggunakan mesin gerinda, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasang mata gerinda. Dan tentunya kita juga harus tahu jenis mata gerinda apa yang akan digunakan. Karena setiap pekerjaan menggerinda memiliki jenis mata gerinda yang berbeda-beda.

Mesin gerinda adalah mesin yang umunya digunakan untuk memotong dan menghaluskan benda kerja. Ada dua jenis mesin gerinda yang sering digunakan, yakni gerinda tangan dan gerinda duduk. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan jenis-jenis mata gerinda dan bagaimana cara memasang mata gerinda/batu gerinda/piringan pada mesin gerinda tangan.

Jenis – Jenis Mata Gerinda

Pada mesin gerinda tangan, terdapat beberapa jenis mata gerinda yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Nah, sebelum menggunakan mesin gerinda, kita harus mengetahui jenisnya yang sesuai dengan pekerjaan. Adapun jenis-jenis mata gerinda, diantara yaitu:

jenis+jenis+mata+gerinda
Jenis – jenis Mata Gerinda
  • Mata Gerinda Asah, merupakan mata gerinda yang digunakan untuk mengikis atau mengasah permukaan benda.
  • Mata Gerinda Potong Besi, merupakan mata gerinda yang digunakan untuk memotong besi.
  • Mata Gerinda Potong Kayu, merupakan mata gerinda yang digunakan untuk memotong kayu.
  • Mata Gerinda Potong Keramik, merupakan mata gerinda khusus untuk memotong keramik.
  • Mata Gerinda Amplas, merupakan mata gerinda yang digunakan untuk menghaluskan permukaan benda.
  • Mata Gerinda Sikat Kawat, merupakan sikat besi yang biasa digunakan untuk menghilangkan karat.
  • Mata Gerinda Tembok, merupakan mata gerinda yang digunakan untuk menghancurkan permukaan tembok.
Baca Juga :  Cara Menggunakan Mesin Las LAKONI 450 Watt

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis mata gerinda, berikut akan dijelaskan langkah-langkah cara memasang mata gerinda yang benar.

Langkah – Langkah Memasang Mata Gerinda

Pemasangan mata gerinda biasanya dilakukan pada mesin gerinda baru. Namun, hal ini juga dilakukan ketika akan mengganti mata gerinda dengan jenis lainnya.

Jika melakukan penggantian, maka kita harus membuka mata gerinda terlebih dahulu dari dudukannya, barulah memasangnya dengan mata gerinda yang diinginkan.

Sebelum memulai pemasangan, pastikan mesin gerinda tidak terhubung dengan sumber listrik. Tujuannya adalah untuk menghindari efek kesetrum saat pemasangan.

Selain itu, sebaiknya baca buku petunjuknya terlebih dahulu agar tidak bingung mengenali bagian-bagian mesin gerinda. Dan langkah-langkah memasang mata gerinda adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah melepas flange atau mur pengunci mata gerinda. Jika susah, gunakan kunci khusus pembuka mata gerinda.
  2. Pasang mata gerinda tepat pada spacer (dudukan mata gerinda). Untuk mata gerinda potong keramik, biasanya terdapat ring yang harus dipasang pada spacer agar mata gerinda tidak goyang.
  3. Jika mata gerinda telah terpasang dengan benar, pasang kembali flange sambil menahan mata gerinda agar posisinya tidak berubah.
  4. Kencangkan flange dengan kunci khusus mata gerinda ke arah kanan atau searah dengan putaran jarum jam. Agar mata gerinda tidak ikut berputar, tekan penahan putaran gerinda yang terletak di balik kepala gerinda.
  5. Sebelum menghidupkan mesin gerinda, pastikan mata gerinda telah terpasang dengan benar dan terkunci dengan kuat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika menggerinda.
Baca Juga :  Cara Setel Otomatis Pompa Air

Nah, begitulah cara memasang mata gerinda yang benar, baik pemasangan baru maupun saat penggantian jenis mata gerinda. Pastikan selalu mengikuti petunjuk yang benar agar tidak tetap aman dan terhindar dari terjadi kecelakaan saat bekerja. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top