Home » Info Baru » Fungsi Carbon Brush (Bostel) Pada Gerinda

Fungsi Carbon Brush (Bostel) Pada Gerinda

fungsi carbon brush (bostel) pada gerinda
Fungsi Carbon Brush ( Bostel ) Pada Gerinda
Fungsi Carbon Brush (Bostel) Pada Gerinda – Pada mesin gerinda, khususnya gerinda tangan, terdapat sebuah komponen yang bernama carbon brush atau sering disebut juga bostel. Biasanya berwarna hitam dan berbentuk kotak serta dilengkapi dengan adanya pir penahan atau pengait. Lalu, apa fungsi carbon brush pada mesin gerinda tangan tersebut?

Fungsi carbon brush pada mesin gerinda tangan adalah sebagai penghantar untuk mengalirkan arus listrik dari stator (kumparan diam) menuju armature/rotor (kumparan berputar). Arus listrik yang diteruskan ke armature tersebut akan menghasilkan gaya tarik menarik antara staror dan armature. Dengan begitu, maka armature akan berputar dan menggerakan mesin gerinda tangan.

Pembuatan carbon berush itu sendiri telah dirancang dan diolah dari percampuran bahan kimia yang sifatnya lunak. Hal itu didasari oleh tuntutan fungsi carbon brush tersebut, yaitu dengan tujuan agar komutator (bagian yang bergesekan dengan carbon brush) pada armature tidak mengalami kerusakan ketika bergesekan langsung dengan carbon brush. Tetapi, carbon brush lah yang mengalami pengikisan dan akan habis pada waktunya.

Ciri- ciri carbon brush yang telah habis pada mesin gerinda, dapat diketahui dari gejala seperti mesin gerinda yang tidak bisa dinyalakan sama sekali. Atau dengan mengecek langsung bentuk fisik carbon brush yang menipis dan terlihat lubang kecil pada bagian tengahnya.

Apabila carbon brush sudah hampir habis, maka sebaiknya ganti dengan yang baru dengan ukuran yang sama. Karena setiap merk mesin gerinda biasanya memiliki jenis dan ukuran carbon brush berbeda-beda.

Jangan sampai menunggu sampai habis total, karean akan menyebabkan kerusakan pada komutator. Dan apabila komutator tersebut rusak, meskipun kita telah mengganti carbon brush dengan yang baru, maka akan timbul percikan api ketika carbon brush tersebut bergesekan dengan komutator. Percikan tersebut akan mengakibatkan carbon brush cepat habis. Dan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengganti armature baru pada mesin gerinda.

Dengan melihat pentingnya fungsi carbon brush pada mesin gerinda, maka cek lah carbon brush tersebut secara berkala untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mesin gerinda. Demikianlah penjelasan mengenai fungsi carbon brush (bostel) pada mesin gerinda. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top