Info Baru Fungsi Dan Tujuan Skir Klep

Fungsi Dan Tujuan Skir Klep

tujuan+skir+klep
Fungsi Dan Tujuan Skir Klep

Fungsi Dan Tujuan Skir Klep – Skir klep merupakan upaya untuk menghaluskan permukaan sitting klep dengan klep menggunakan amril. Yaitu dengan cara memutar klep pada sittingnya secara manual atau menggunakan mesin bor. Fungsi skir klep ini yaitu untuk merapatkan celah antara klep dan sitting klep. Sedangkan tujuan dari melakukan skir klep tersebut adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi pada ruang bakar yang menyebabkan sebuah mesin susah hidup dan tidak bertenaga.

Pada proses penyekiran mesin satu silinder, ada duan buah klep yang di skir, yaitu klep in dan klep ex. Tujuan dari penyekiran pada klep ini adalah untuk merapatkan katup hisap. Pada mesin bensin, katup hisap ini merupakan pintu masuk udara dan bahan bakar menuju ruang kompresi. Namun, pada mesin solar hanya untuk menghisap udara dari luar saja. Sedangkan penyekiran pada klep ex berfungsi untuk merapatkan salauran pembuangan.

Adapun fungsi amril di dalam proses penyekiran, yaitu sebagai bahan pengikis pada permukaan yang di skir. Amril ini merupakan serbuk pasir besi yang diproduksi sedemikian rupa yang bertujuan untuk memudahkan proses penyekiran. Ada dua jenis amril, yaitu amril halus dan amril kasar. Amril kasar dipakai untuk proses awal penyekiran, sedangkan amril halus digunakan sebagai tahap penyelesaian. Dan banyak orang yang mencapurkan amril dengan oli pelumas agar hasilnya lebih halus dan maksimal.

Meskipun melakukan skir klep terkadang cukup memakan waktu, namun manfaat yang dihasilkan sangat besar bagi perfroma mesin. Dengan melakukan penyekiran, maka kompresi di dalam mesin menjadi rapat maksimal. Sehingga, mesin akan kembali bertenaga seperti layaknya sebuah mesin baru. Selain itu, ketika melakukan penyekiran, kita juga bisa sekalian membersihkan kerak yang melekat pada ruang bakar dan lubang pembuangan (saluran knalpot). Dengan begitu, maka proses pembakaran pun akan menjadi semakin sempurna tanpa adanya lapisan kerak yang dapat menghambat nyala api busi dan menurunkan kualitas pembakaran mesin.

Di zaman sekarang ini, proses penyekiran sudah semakin canggih. Berbeda dengan dulu yang melakukannya secara manual yang sangat melelahkan dan menjadikan tangan pegal jika tidak terbiasa. Meskipun masih ada sedikit orang yang melakakannya secara manual, namun cara ini dapat mengurangi tingkat kegagalan penyekiran. Karena kita dapat merasakan secara langsung dan mengatur tingkat penekanan pada saat melakukan penyekiran.

Berbeda dengan menyekir menggunakan mesin bor tangan, meskipun bertujuan untuk menyingkat waktu dan tenaga, namun jika tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan kemiringan yang mengakibatkan kebocoran klep. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa diantara kedua cara penyekiran tersebut ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, jika akan melakukan penyekiran, silahkan pilih cara yang menurut anda paling nyaman agar memperoleh hasil penyekiran yang bagus.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Dan Tujuan Skir Klep. Jika mesin yang kita miliki mulai tidak bertenaga, lakukanlah penyekiran agar performa mesin tetap terjaga ketangguhannya.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *