Home » Mesin » Jenis-Jenis Mesin Bubut Beserta Fungsinya

Jenis-Jenis Mesin Bubut Beserta Fungsinya

jenis+jenis+mesin+bubut
Jenis-Jenis Mesin Bubut

Jenis-Jenis Mesin Bubut – Mesin bubut adalah mesin yang digunakan untuk memotong atau menyayat permukaan benda yang diputar.Dalam penggunaannya, terdapat beberapa jenis mesin mesin bubut yang telah disesuaikan dengan fungsinya.

Prinsip kerja mesin bubut adalah benda kerja dicekam pada poros spindel. Sementara itu, pahat bubut bergerak menempel benda kerja dan terjadilah pemotongan atau penyayatan.

Dalam melakukan kerjanya, terdapat berbagai jenis pahat bubut yang digunakan, diantaranya yaitu pahat sisi kanan, pahat sisi kiri, pahat champer, pahat ulir, dan pahat alur.

Mesin bubut dapat digunakan untuk menghasilkan benda-benda putar, seperti meratakan permukaan benda putar, pembuatan tirus, membuat ulir, pengeboran, membuat alur, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Mesin Bubut Beserta Fungsinya

Secara umum, terdapat 7 jenis mesin bubut yang digunakan, yaitu speed lathe machine, engine lathe machine, bench lathe machine, toolroom lathe machine, capstan & turret lathe machine, special-purpose lathe machines, dan automatic lathe machine.

1. Mesin Bubut Speed (Speed Lathe Machine)

Mesin bubut speed memiliki konstruksi yang sangat sederhana. Mesin bubut ini hanya terdiri dari bed, headstock, tailstock dan toolpost. Tidak terdapat box penyetel feed, lead screw, atau eretan.

Mesin bubut speed memiliki kedalaman potong yang lebih sedikit, gaya ringan dan kecepatan tinggi. Mesin bubut ini sering digunakan untuk pengerjaan kayu.

Pahat bubut dipasang pada slide yang dapat disesuaikan. Pengoperasian mesin bubut ini murni dengan kontrol tangan. Dengan konstruksi headstock yang sederhana, mesin ini hanya memiliki dua atau tiga kecepatan spindel.

Baca Juga :  Bagian-Bagian Bosch Pump Mesin Diesel

2. Mesin Bubut Standar (Engine Lathe Machine)

Mesin bubut standar merupakan mesin bubut yang paling banyak digunakan. Mesin bubut ini dapat memotong dua arah, yaitu arah melintang dan membujur dengan bantuan carriage, feed, dan lead screw. Jenis mesin bubut ini banyak digunakan di bengkel dan Industri.

Mesin bubut standar memiliki semua bagian yang mirip dengan mesin bubut speed. Headstock mesin bubut terpasang rigid dalam konstruksi dan memiliki mekanisme tambahan untuk mendapatkan beberapa kecepatan spindel.

3. Mesin Bubut Bangku (Bench Lathe Machine)

Mesin bubut bangku memiliki ukuran relatif kecil dan digunakan untuk pekerjaan presisi yang sangat kecil. Mesin bubut ini dapat melakukan hampir semua operasi mesin bubut.

Mesin bubut bangku pada umumnya dipasang di bangku dan memiliki semua bagian mesin bubut yang pada umumnya, hanya saja ukurannya yang lebih kecil.

4. Toolroom Lathe Machine (Mesin Bubut Toolroom)

Mesin bubut toolroom biasanya berada di dalam ruangan yang tidak terlalu besar. Mesin bubut ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan mesin bubut lainnya. Karena dapat digunakan sebagai grinding, serta pekerjaan machining dengan tingkat keakuratan yang cukup tinggi.

Mesin bubut toolroom memiliki fungsi yang sama dengan mesin bubut mesin lainnya. Mesin ini memiliki berbagai kecepatan. Selain itu, kecepatan spindel dapat distel dari sangat rendah hingga kecepatan tinggi mencapai 2500 rpm.

Baca Juga :  Bagian Utama Tabung Pompa Air

5. Mesin Bubut Capstan Dan Turret

Mesin bubut capstan dan turret merupakan pengembangan dari mesin bubut yang telah ada sebelumnya. Mesin bubut ini biasanya digunakan dalam pekerjaan produksi dan pekerjaan besar.

Pada mesin ini terdapat kepala turret heksagonal, bukan tailstock. Mesin bubut ini terdiri dari tiga toolpost, sehingga beberapa pahat dapat dipasang sekaligus secara berurutan dalam suatu pekerjaan.

6. Mesin Bubut Khusus (Special Lathe Machine)

Mesin bubut khusus merupakan mesin bubut yang digunakan untuk keperluan khusus untuk pekerjaan produksi. Mesin bubut ini melakukan pengerjaan-pengerjaan khusus, seperti drilling, penggerindaan, reaming, pemboran, bubut roda, dan lain-lain.

7. Mesin Bubut Otomatis (Automatic Lathe Machine)

Mesin bubut otomatis adalah mesin bubut yang semua pengoperasiannya dilakukan secara otomatis. Mesin ini merupakan mesin bubut produksi heavy duty berkecepatan tinggi.

Penyetelan manual hanya dilakukan pada pemasangan pahat bubut. Setelah itu, mesin ini akan melakukan semua operasi secara otomatis untuk menyelesaikan pekerjaan.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top