Home » Mesin » Jenis-Jenis Mesin Gerinda Datar Dan Sistem Kerjanya

Jenis-Jenis Mesin Gerinda Datar Dan Sistem Kerjanya

jenis+jenis+mesin+gerinda+datar
Jenis-Jenis Mesin Gerinda Datar

Jenis-Jenis Mesin Gerinda Datar – Pada artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian dan jenis-jenis mesin gerinda datar (Surface Grinding Machines). Silahkan disimak dengan baik, semoga dapat menambah wawasan dalam dunia tehnik mesin.

Pengertian Mesin Gerinda Datar

Mesin gerinda datar adalah jenis mesin perkakas yang berfungsi untuk meratakan dan menghaluskan permukaan benda kerja pada bidang datar/rata, dengan tingkat hasil kehalusan maksimal. Bidang datar yang dimaksud di sini adalah permukaan datar yang sejajar, permukaan datar bertingkat, permukaan datar yang miring, permukaan datar alur dan permukaan datar profil.

Mesin gerinda ini merupakan salah satu mesin yang banyak dijumpai di dunia industri, karena sering digunakan untuk pembuatan komponen dan peralatan-peralatan industri. Komponen dan peralatan yang dikerjakan oleh mesin gerinda datar biasanya memerlukan tingkat kerataan, kehalusan dan ukuran yang presisi untuk tujuan fungsional.

Prinsip kerja mesin gerinda datar yaitu pengikatan benda kerja dengan mencekam pada meja magnetik yang digerakkan maju mundur atau berputar di bawah roda gerinda yang bergerak berputar. Sedangkan meja dan spindel roda gerinda pada mesin gerinda datar dapat dioperasikan secara manual ataupun otomatis.

Jenis-jenis Mesin Gerinda Datar Berdasarkan Kontruksinya

Berdasarkan konstruksinya, mesin gerinda datar dibedakan menjadi empat jenis, yaitu mesin gerinda datar spindel horisontal dengan gerak meja bolak-balik dan gerak meja berputar serta
mesin gerinda datar spindel vertikal dengan gerak meja bolak-balik dan gerak meja berputar.

1. Mesin Gerinda Datar Spindel Horizontal dengan Gerak Meja Bolak-Balik

mesin+gerinda+datar+spindel+horizontal+gerak+meja+bolak+balik
Mesin Gerinda Datar Spindel Horizontal Gerak Meja Bolak Balik

Mesin gerinda datar ini mempunyai spindel atau poros penggerak roda gerinda dengan posisi horizontal dan meja mesin dapat bergerak lurus bolak-balik.

Pada mesin gerinda datar jenis ini, penggerindaan yang sesungguhnya terjadi pada bagian keliling roda gerinda. Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja lurus bolak-balik digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan permukaan rata dan menyudut.

Bagian ujung atau keliling roda gerinda digunakan untuk menggerinda permukaan mendatar benda kerja, sehingga mesin gerinda jenis ini sering disebut sebagai mesin gerinda keliling. Kedalaman pemotongan dapat diatur dengan cara menaikkan atau menurunkan kepala roda gerinda.

Baca Juga :  Mesin Potong Rumput Dorong Dan Gendong

2. Mesin Gerinda Datar Spindel Horisontal dengan Gerak Meja Berputar

mesin+gerinda+datar+spindel+horizontal+gerak+meja+berputar
Mesin Gerinda Datar Spindel Horizontal Meja Gerak Berputar

Mesin gerinda datar ini mempunyai spindel atau poros penggerak roda gerinda dengan posisi horizontal dan meja mesin yang bergerak berputar. Mesin gerinda datar jenis ini digunakan untuk menggerinda permukaan rata dari benda kerja yang berbentuk tabung atau bulat, misalnya permukaan rata poros, flens, selongsong dan lain-lain.

Pada mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar, bagian keliling roda gerinda juga dihadapakan pada benda kerja. Benda kerja yang dipasang pada meja putar dijalankan di bawah putaran roda gerinda. Meja mesin gerinda datar ini dapat juga dimiringkan untuk penggerindaan pada bagian-bagian yang miring.

3. Mesin Gerinda Datar Spindel Vertikal dengan Gerak Meja Bolak-Balik

mesin+gerinda+datar+spindel+vertikal+gerak+meja+bolak+balik
Mesin Gerinda Datar Spindel Vertikal Gerak Meja Bolak Balik

Mesin gerinda datar ini mempunyai spindel atau poros penggerak roda gerinda dengan posisi vertikal dengan meja mesin dapat bergerak lurus bolak-balik. Mesin gerinda datar jenis ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan permukaan yang rata, lebar dan permukaan yang menyudut.

Pada mesin gerinda datar spindel vertikal dan meja gerak lurus bolak-balik, bagian-bagian sisi atau bagian muka roda gerinda dihadapkan ke permukaan benda kerja. Benda kerja yang dicekam pada meja mesin digerakkan dengan arah bolak-balik di bawah putaran roda gerinda yang berputar.

4. Mesin Gerinda Datar Spindel Vertikal dengan Gerak Meja Berputar

mesin+gerinda+datar+spindel+vertikal+gerak+meja+berputar
Mesin Gerinda Datar Spindel Vertikal Gerak Meja Berputar

Mesin gerinda datar ini memiliki spindel atau poros penggerak roda gerinda dengan posisi vertikal dan meja mesin yang bergerak berputar. Mesin gerinda datar jenis ini digunakan untuk menggerinda permukaan benda kerja yang rata, lebar serta permukaan benda kerja yang berbentuk tabung atau bulat, seperti poros, pin piston, flens, roda gigi, roda gaya dan lain-lain.

Pada mesin gerinda datar spindel vertikal dan meja bergerak berputar, bagian sisi roda gerinda juga dihadapkan ke permukaan benda kerja. Benda kerja dicekam dan digerakkan pada meja putar di bawah putaran roda gerinda.

Baca Juga :  Komponen Yang Terpasang Pada Poros Engkol

Jenis-jenis Mesin Gerinda Datar Berdasarkan Cara Pengoperasiannya

Berdasarkan cara pengoperasiannya, mesin gerinda datar dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu mesin gerinda datar manual, mesin gerinda datar semi otomatis, mesin gerinda datar otomatis dan mesin gerinda datar CNC.

1. Mesin Gerinda Datar Manual

Mesin gerinda datar manual adalah mesin gerinda datar yang pengoperasiannya dilakukan secara manual menggunakan tangan. Seluruh penggerakkan, pengaturan posisi spindel roda gerinda dan settingan pemakanan mata gerinda baik arah memanjang maupun melintang dilakukan secara manual.

2. Mesin Gerinda Datar Semi Otomatis

Mesin gerinda datar semi otomatis adalah mesin gerinda datar yang pengoperasiannya dilakukan secara semi otomatis. Pada mesin gerinda datar jensi ini, penggerakan atau pengaturan meja arah memanjang dapat dilakukan secara otomatis, sedangkan penggerakan meja arah melintang dan spindel mesin dilakukan secara manual.

3. Mesin Gerinda Datar Otomatis

Mesin gerinda datar otomatis adalah mesin gerinda datar yang pengoperasiannya dilakukan secara otomatis penuh. Seluruh penggerakkan, pengaturan posisi spindel roda gerinda dan settingan pemakanan mata gerinda baik arah memanjang maupun melintang dilakukan secara manual. Namun, jika diperlukan penggunaan mesin secara tidak otomatis, mesin gerinda datar ini juga dapat dioperasikan secara manual.

4. Mesin Gerinda Datar CNC

Mesin gerinda datar CNC adalah mesin gerinda datar yang pengoperasiannya dilakukan oleh perintah barisan kode yang telah diatur melalui pemograman komputer. Seluruh penggerakkan, pengaturan posisi spindel roda gerinda dan settingan pemakanan mata gerinda baik arah memanjang maupun melintang dilakukan secara otomatis oleh sistem komputer. Oleh sebab itu, mesin gerinda datar ini mampu menghasilkan produk penggerindaan dengan tingkat kepresisian yang tinggi jika dibandingkan dengan lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dan jenis-jenis mesin gerinda datar berdasarkan kontruksi dan cara pengoperasiannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top