Home » Info Baru » Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini

Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini

cara+menggunakan+mesin+jahit+mini
Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini

Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini – Postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan mesin jahit mini. Bagi yang ingin belajar mengoperasikannya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Mesin jahit mini merupakan inovasi terbaru dari mesin jahit yang didesain lebih simple dan efektif. Penggunaannya pun lebih mudah. Kita dapat membawanya ke mana saja karena bentuknya yang relatif kecil.

Nah, bagi yang ingin belajar mengoperasikannya tetapi belum tahu caranya, silahkan ikuti langkah-langkah cara menggunakan mesin jahit mini portable berikut ini.

Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini

1. Cara Memasang Tempat Spul

Pemasangan spull pada tempatnya harus dilakukan dengan benar. Dan caranya adalah sebagai berikut:

1. Agar spull dapat berfungsi dengan baik dan benar, tempatkan spul pada cekungan nomer 2 dan nomer 4 seperti gambar di bawah ini.

cara+menggunakan+mesin+jahit+mini

2. Sisakan panjang benang atas dan bawah sekitar 10 cm. Hal ini bertujuan agar benang dapat naik dan hasil jahitan tidak terlepas.

cara+menggunakan+mesin+jahit+mini

Cara Memasang Benang

Langkah-langkah memasang benang bagian atas pada mesin jahit mini adalah sebagai berikut:

cara+menggunakan+mesin+jahit+mini

1. Tariklah thred spindel ke atas dan letakan gulungan benang pada thread spindel tersebut.

2. Ulurkan benang yang ada di thread spindel dan tarik ke bawah melewati bonbin holder dan masukan benang tersebut ke pin yang ada di sebelah kiri.

Baca Juga :  Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft

3. Kemudian masukan benang di antara celah sebelah atas tension screw dan masukan lagi ke lubang pin yang ada disebelah kirinya.

4. Setelah itu, masukan benang tersebut ke lubang take up lever. Kemudian teruskan ke pin yang ada di bawah take up lever tersebut (di atas jarum).

5. Kemudian masukan ke lubang pin dari arah kiri ke kanan dengan mata nenek yang tersedia. Kemudian ulurkan benang sekitar 10 cm dan tarik ke belakang.

6. Bukalah tempat spull yang berwarna gelap, kemudian masukan skoci pada tempat spull. Setelah itu, ulurkan benangnya melewati celahnya dan tarik ke arah depan kurang lebih 10 cm.

Cara Mengoperasikan Mesin Jahit Mini

Jika spull dan benang telah terpasang dengan benar, kita dapat langsung menggunakan mesin jahit mini portable ini dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Tancapkan kabel adaptor ke sumber listrik. Kemudian hubungkan kabel pedal ke foot pedal jack uang ada di mesin jahit.

2. Tempatkan spull pada cekungan nomer 2 dan nomer 4.

3. Lebihkan panjang benang atas dan bawah sekitar 10 cm.

4. Masukan benang ke kumparan agar tidak menggulung ke bawah.

cara+menggunakan+mesin+jahit+mini

5. Masukan benang ke lubang jarum dari kiri ke kanan dan taruh benang yang telah masuk di bawah sepatu mesin jahit.

cara+menggunakan+mesin+jahit+mini

6. Kemudian turunkan posisi take up level bagian belakang ke bawah.

Baca Juga :  Cara Kerja Pompa Air Otomatis Beserta Bagian-Bagiannya

7. Setelah itu, mesin jahit siap digunakan dengan menjinjak pedalnya.

Dimikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan mesin jahit mini. Karena mesin jahit ini tidak bisa mengunci jahitan, maka jahitlah sekitar 3 cm terlebih dahulu. Kemudian kainnya dibalik (jangan lupa naikan sepatu), terus dibalik lagi. Baruah jahitannya bisa terkunci. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top