Home » Info Baru » Pengertian Dan Fungsi Mesin Gerinda

Pengertian Dan Fungsi Mesin Gerinda

pengertian+mesin+gerinda
Pengertian Dan Fungsi Mesin Gerinda

Pengertian Dan Fungsi Mesin Gerinda – Postingan kali ini akan memberikan informasi tentang pengertian dan fungsi mesin gerinda. Bagi yang belum tahu apa itu mesin gerinda dan untuk apa saja fungsinya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Mesin Gerinda

Mesin gerinda adalah alat yang digunakan untuk memotong dan meratakan benda. Cara kerjanya mesin gerinda ini yaitu batu gerinda yang berputar dan bergesekan dengan benda, sehingga menghasilkan pengikisan pada permukaan benda. Pengikisan tersebut menghasilkan alur pemotongan atau pemerataan tergantung jenis batu gerinda yang digunakan.

Mesin gerinda juga merupakan alat yang tersedia di bengkel. Entah itu bengkel otomotif, mesin perkakas, atau bengkel fablikasi. Karena alat ini memang sangat dibutuhkan dalam membantu pekerjaan. Terutama untuk pemotongan benda-benda yang keras dan pembentukan permukaan.

Berdasarkan cara penggunaanya, mesin gerinda dibagi menjadi dua jenis, yaitu mesin gerinda tangan dan mesin gerinda duduk. Perbedaan dari kedua jenis mesin gerinda tersebut dapat dilihat dari proses kerjanya. Pada mesin gerinda tangan, benda kerjanya yang diam dan mesin gerindanya yang bergerak. Sedangkan mesin gerinda duduk, mesin gerindanya yang diam dan bendanya yang digerakan.

Pada dasarnya, mesin gerinda ini memiliki dua kompone utama, yaitu komponen elektrik dan mesin mekanik. Komponen elektrik tersebut berupa rangkaian elektromotor yang berada di dalam mesin gerinda. Sedangkan untuk komponen mesin mekanik terdiri dari bagian-bagian yang menggerakan batu gerinda.

Mesin gerinda tangan pada umumnya memiliki ukuran batu gerinda 4 inchi dan 7 inchi. Ukuran tersebut didasari oleh ukuran diameter batu gerindanya. Sedangkan mesin gerinda duduk memiliki ukuran batu gerinda yang lebih besar dari gerinda tangan.

Kecepatan rpm putaran mesin gerinda berkisar antara 8.000 sampai 12.000 rpm. Sedangkan untuk kapasitas daya listrik yang digunakan antara 350 watt sampai 650 watt. Namun ada juga yang mencapai 2000 watt seperti  pada jenis mesin gerinda tangan 7 inchi dan mesin gerinda duduk.

Fungsi Mesin Gerinda

Mesin gerinda ini memiliki bermacam-macam fungsi. Dan berikut merupakan beberapa fungsi mesin gerinda yang sering digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

1. Untuk memotong benda kerja, digunakan batu gerinda potong.
2. Untuk meratakan benda kerja, digunakan batu gerinda asah.
3. Untuk menghaluskan permukaan benda, digunakan batu gerinda dengan jenis pasir baja yang halus.
4. Untuk meratakan permukaan yang tidak rata, digunakan batu gerinda fleksible.
5. Untuk menghilangkan korosi, digunakan batu gerinda kawat.
6. Untuk mengkilapkan permukaan benda, digunakan batu gerinda poloshing pad.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian mesin gerinda dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top