Home » Cara Pasang Kabel Gas Mesin Potong Rumput

Cara Pasang Kabel Gas Mesin Potong Rumput

kabel+gas+mesin+potong+rumput
Cara Pasang Kabel Gas Mesin Potong Rumput

Cara Pasang Kawat Gas Mesin Potong Rumput – Kabel gas pada mesin potong rumput merupakan sebuah kawat yang berfungsi untuk menarik jarum skep karburator yang dihubungkan ke handle gas. Kawat gas mesin potong rumput ini hampi mirip dengan kabel gas sepeda motor, tetapi memiliki panjang yang spesifik yang telah dirancang khusus untuk mesin potong rumput.

Dalam beberapa kasus permasalahan pada mesin potong rumput, kabel gas ini biasanya menjadi kaku akibat dari kurangnya pelumasan di dalamnya. Sehingga mengakibatkan gas mesin potong rumput dapat berubah-ubah ketika gagang mesin dibelokan. Tentu saja hal ini sangat membuat kaget bagi para pengguna mesin potong rumput.

Bagi yang mengalami masalah mesin potong rumput yang gasnya tiba-tiba naik dan turun sendiri, sebaiknya periksa pada bagian kabel gasnya. Karena kabel gas tersebut dapat menjadi salah satu penyebabnya. Dan jika memang harus melakukan penggantian pada kawat gas tersebut, silahkan simak uraian berikut ini . mengenai cara memasang kabel gas pada mesin potong rumput.

Cara Pasang Kabel Gas Mesin Potong Rumput

Untuk mengganti kabel gas mesin potong rumput, kita hanya perlu melepas, kemudian memasang kawat gas tersebut pada karburator dan handle gas. Dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Bukalah filter udara yang berada di depan karburator dengan melepas baut penguncinya.

2. Lepaskan dudukan jarum skep yang terletak di bagian atas karburator. Caranya yaitu dengan memutar menggunakan tang ke kiri (berlawanan jarum jam). Kemudian lepaskan seluruh komponen jarum skep hingga kawat gasnya terlepas.

3. Kemudian lepaskan ujung kawat gas yang berada pada handle gas.

4. Pasang kabel gas baru, pastikan panjangnya sama dengan yang diganti.

5. Pasang atau kaitkan ujung kawat gas yang ada kepalanya di handle gas, kemudian pasang juga ujung yang satunya lagi pada dudukan jarum skep karburator.

6. Pasang kembali dudukan jarum skep pada karburator. Kemudian pasang juga filter udaranya dan kencangkan dengan baut penguncinya. Selesai.

Begitulah cara memasang kabel gas mesin potong rumput. Agar kawat gas tersebut awet, sebaiknya tetesi dengan minyak pelumas secara berkala agar tida keras dan macet. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top