Home » Info Baru » Jenis-Jenis Power Tools Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Power Tools Dan Fungsinya

jenis+jenis+power+tools
Jenis-Jenis Power Tools

Jenis-Jenis Power Tools Dan Fungsinya – Power tools adalah suatu peralatan yang dioperasikan atau digerakan dengan menggunakan tenaga yang berasal dari sumber penyedia tenaga (energi). Tanpa adanya energi dari sumbernya, maka power tools tidak dapat dipergunakan. Contoh jenis-jenis power tools antara lain hand grinder, impact, drill, air hammer, dan die grinder.

Secara umum, fungsi power tools adalah untuk mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Sebagai contoh ketika kita melakukan pengeboran dengan cara manual, tentu saja butuh waktu yang lama. Dengan menggunakan power tools seperti mesin bor listrik, maka dapat menghemat banyak waktu jika dilakukan dengan benar, tetapi akan lebih lama jika salah dalam penggunaannya.

Macam-macam sumber energi yang dapat digunakan pada power tool diantaranya yaitu elektro motor yang memiliki sumber arus listrik, udara yang terkompresi, mesin pengapian internal, dan tenaga hidrolik (pneumetis). Berikut akan dibahas mengenai apa saja jenis-jenis power tools dan fungsinya.

Jenis-Jenis Power Tools Dan Fungsinya

Terdapat banyak sekali jenis power tools. Ada special service power tools atau pun power tools yang digunakan pada bengkel-bengkel mekanik. Setiap power tools tersebut memiliki fungsi masing-masing. Diantara jenis-jenis power tools antara lain:

1. Hand Grinder

hand+grinder
Hand Grinder

Hand grinder atau gerinda tangan adalah jenis power tools yang memiliki multifungsi, seperti untuk memotong, untuk menghaluskan atau meratakan benda, dan juga untuk mengkilapkan permukaan material tertentu.

Baca Juga :  Fungsi Obeng Plus Dan Min

Mesin gerinda tangan menggunakan batu gerinda yang memiliki fungsi masing-masing, mulai dari batu gerinda yang berfungsi sebagai ampelas, batu atau resibon, sampai kain yang digunakan untuk polishing.

2. Hand Drill

hand+drill
Hand Drill

Hand drill atau bor tangan adalah jenis power tools yang berfungsi sebagai alat untuk membuat lubang. Mesin bor tangan memiliki banyak jenis mata bor sesuai kegunaannya masing-masing. Namun, biasanya kita hanya menggunakan satu jenis saja untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

Diantara jenis-jenis mesin bor tangan yaitu elektric hand drill (menggunakan kabel), cordless drill (menggunakan batrei), dan air drill (menggunakan angin kompresor).

3. Portable Impact Wrench

portable+impact+wrench
Portable Impact Wrench

Portable impact wrench atau kunci impact adalah jenis power tools yang digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan baut/mur dengan sangat cepat. Alat ini sering digunakan di bengkel-bengkel dan pabrik otomotif.

Portable impact wrench tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran sesuai penggunaannnya masing-masing. Diantara dua jenis yang paling sering dijumpai yaitu bentuk pistol dan tuas.

4. Obeng Pneumatik

obeng+pneumatic
Obeng Pneumatik

Obeng penumetik atau pneumetik screwdriver adalah jenis power tools yang digunakan untuk memudahkan beberapa pekerjaan para mekanik di bengkel.

Obeng pneumetik ini digunkan pada sekrup atau baut yang mempunyai pengencangan dengan torsi yang tinggi. Obeng pneumetik memiliki fungsi yang hampir sama dengan impact wrench.

5. Air Chisel

air+chisel
Air Chiesel

Air chisel adalah jenis power tools yang berfungsi sebagai pemahat. Cara kerjanya hampir sama dengan jackhammer (alat pelubang beton), tetapi cycling rate lebih cepat. Sedangkan bentuknya menyerupai impact wrench, namun kepala memiliki kepala socket yang berbeda.

Baca Juga :  Cara Menghitung CC Motor

Sama seperti air tools lainnya, air chisel ini memerlukan pelumasan yang teratur. Sebelum dan sesudah menggunakannya, teteskan beberapa oli ke dalam inlet yang ada pada air chisel.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis power tools dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top