Home » Ciri – Ciri Bosh Pump Diesel Bermasalah

Ciri – Ciri Bosh Pump Diesel Bermasalah

ciri+ciri+bosch+pump+bermasalah
Ciri – Ciri Bosch Pump Mesin Diesel Bermasalah

Ciri – Ciri Bosh Mesin Diesel Bermasalah – Bosh pump merupakan komponen yang sangat penting pada mesin diesel. Komponen ini berfungsi sebagai alat pemompa bahan bakar dari tanki solar menuju nozzle. Oleh sebab itu, performanya harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi pada mesin diesel.

Kinerjanya yang sangat berpengaruh pada mesin diesel, maka perawatan secara berkala pun harus diperioritaskan. Karena jika sampai bosh pump ini bermasalah, maka mesin akan susah dihidupkan. Dan jika mesin berhasil dihidupkan, maka akibat lainnya pun akan bermunculan, seperti bunyi mesin menjadi tidak stabil, tenaga mesin berkurang, atau yang lebih berbahaya lagi mesin tidak dapat dihidupkan.

Dengan melihat besarnya resiko yang terjadi, maka penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda atau gejala dari kerusakan pada bosh pump. Dan berikut akan diulas mengenai ciri-ciri bosh pump mesin diesel bermasalah dan cara memperbaikinya.

Ciri – Ciri Bosh Pump Mesin Diesel Bermasalah Dan Cara Mengatasinya

Ada berbagai cara untuk mengenali kerusakan atau lemahnya fungsi bosh pump pada mesin diesel, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Mesin Diesel Susah Dihidupkan

Tanda-tanda yang pertama dari bosh pump bermasalah yaitu mesin diesel susah dihidupkan. Hal ini terjadi karena kemampuan bosh pump dalam memompa solar sudah tidak maksimal, sehingga solar tidak mampu menekan nozzle untuk dipancarkan. Akibatnya ruang bakar tidak menerima asupan solar yang cukup untuk melakukan pembakaran.

2. Suara Mesin Tidak Stabil

Pada mesin diesel yang normal, ketika keadaan hidup pasti bunyinya akan stabil. Namun, pada mesin diesel yang bosh pumpnya bermasalah, akan terjadi bunyi seperti gas naik turun jika mesin dihidupkan. Ini terjadi karena fungsi bosh pump yang sudah lemah dan tidak kuat memompa bahan bakar, sehingga bunyi mesin pun menjadi tidak stabil.

3. Mesin Tidak Dapat Dimatikan

Ciri-ciri permasalahan pada bosh pump yang lainnya yaitu mesin terus membandang dan tidak bisa dimatikan. Hal ini dapat terjadi karena terdapat komponen di dalam bosh pump yang macet, sehingga ketika tuas gas dikembalikan, plunger tidak dapat kembali untuk menutup bahan bakar, akibatnya bahan bakar akan mengalir terus menerus dan mesiin tidak dapat dimatikan.

Itulah beberapa tanda-tanda dari bosch pump mesin diesel yang mengalami masalah. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah bosh pump masih berfungsi dengan baik atau tidak yaitu sebagai berikut.

  • Lepaskan selang hpp (pipa solar) dari ujung bosh pump, kemudian geser tuas gas ke posisi penuh dan engkol mesin diesel seperti akan menghidupkan mesin. Jika solar keluar dan tekanannya kuat, maka tandanya bosh pump masih normal. Tetapi jika tidak keluar atau keluar tetapi tekanannya lemah, maka fungsi bosh pump sudah menurun dan perlu dilakukan pengecekan pada bagian-bagian seperti, plunger, delivery valve, ring delivey valve, dan juga spring delivery valve. Jika diantara part tersebut yang sudah tidak layak, maka gantilah dengan yang baru.
  • Langkah selanjutnya untuk memeriksa kinerja bosh pump yaitu dengan menggerak-gerakan tangkai governor yang terhubung dengan tuas gas. Jika tangkai governor tersebut dapat bergerak ke kiri dan ke kanan dengan leluasa, maka tandanya bosh pump dalam keadaan bagus. Tetapi jika tidak dapat bergerak, tandanya sleele control pada bosh pump macet. Dan untuk mengatasinya kita perlu memebongkar bosh pump dan memeriksa bagian sleeve control dan gear pinion. Jika pasangan komponen tersebut rusak, aus, atau pecah, maka lakukanlah penggantian pada bagian yang rusak tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai ciri-ciri bosh pump mesin diesel bermasalah dan cara mengatasinya. Untuk mencegah kerusakan pada bosh pump, lalukanlah servis pada bosh pump dan pengecekan pada filter solar mesin diesel secara berkala. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top