Home » Tip & Trik » Cara Perawatan Power Tools Yang Benar

Cara Perawatan Power Tools Yang Benar

perawatan+power+tools
Perawatan Power Tools

Cara Perawatan Power Tools Yang Benar – Sebagai alat penting dalam membatu pekerjaan, sudah sepantasnya jika perawatan pada power tools harus dilakukan dengan baik dan benar. Bukan tanpa tujuan, tetapi hal itu dapat menjadikan umur power tools lebih lama dan tidak mengalami kendala saat digunakan.

Meskipun power tools memiliki beraneka ragam jenis, tetapi cara perawatannya hampir sama antara yang satu dengan yang lainnya. Hal itu mengingat dari tenaga yang digunakan pada power tools yang sebagian besar memanfaatkan sumber listrik dan tekanan angin.

Nah, jika ingin power tools yang kita miliki lebih awet, bisa mengikuti beberapa tips yang akan diuraikan berikut ini mengenai cara perawatan power tools yang benar sesuai jenisnya masing-masing.

Cara Perawatan Power Tools Yang Benar

Dalam perawatan power tools, sebaiknya dilakukan secara rutin setelah penggunaan dan juga dalam jangka waktu tertentu seperti 2 atau 3 bulan sekali. Karena pemeliharaan pada perkakas ini memang harus benar-benar diperhatikan.

A. Perawatan Power Tools Secara Rutin

Diantara perawatan yang harus dilakukan setelah pemakaian yaitu :

  • Membersihkan power tools dari kotoran sisa pengerjaan. Misalnya mesin gerinda atau mesin bor, jika selesai menggunakan segeralah untuk membersihkan dari serbuk-serbuk sisa penggerindaan atau pengeboran.
  • Bersihkan bagian dalam mesin dengan menggunakan angin kompresor agar kotoran tidak menggumpal yang menyebabkan kerusakan mesin.
  • Gulunglah kabel dengan benar dan jangan sampai ada yang terjepit yang dapat menyebabkan kabel putus atau korsleting.
  • Simpan di tempat yang kering dan terhindar dari kelembaban untuk mencegah timbulnya korosi (karatan).
  • Lumasi bagian bearing dan gear mesin dengan oli pelumas atau stempet jika akan disimpan dalam waktu yang lama.

B. Perawatan Power Tools Secara Berkala

Untuk perawatan power tools secara berkala dalam waktu tertentu, langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut.

1. Pemeriksaan Bearing

Pada setiap power tools, terdapat beberapa bearing yang harus diperiksa satu per satu. Jika kondisinya masih layak pakai, kita cukup melunasi bearing tersebut dengan oli. Tetapi jika kondisinya sudah aus atau rusak, sebaiknya gantilah dengan yang baru

2. Pengecekan Carbon Brush

Pada power tools yang menggunakan tenaga listrik, biasanya terdapat carbon brush pada bagian dinamo penggeraknya. Oleh sebab itu, lakukanlah pengecekan pada carbon brush tersebut apakah sudah habis atau belum. Jika sudah tipis atau hampir habis, sebaiknya gantilah dengan yang baru.

3. Pemeriksaan Komponen Gear

Gear merupakan komponen pada power tools yang terdapat di dalam mesin. Jika penggunaan sudah lama, biasanya gear tersebut aus dan mengakibatkan bunyi kasar atau putaran mesin lemah. Untuk itu, periksalah bagian gear secara berkala untuk memastikan kondisi kelayakannya.

4. Periksa Bagian Kolektor

Kolektor adalah bagian power tools bertenaga listrik yang bergesekan langsung dengan carbon brush. Jika kondisinya sudah aus, maka akan mengakibatkan adanya percikan bunga api ketika power tools dihidupkan. Untuk itu, lakukanlah pengecekan pada bagian kolektor. Jika tingkat keausannya belum parah, kita bisa meratakannya dengan menggunakan amplas halus.

5. Berikan Stempet Secukupnya

Power tools yang digunakan terus menerus setiap hari, biasanya stempet pada bagian gear akan mengering atau habis. Oleh sebab itu, berikan stempet secukupnya pada bagian-bagian yang terjadi gesekan.

6. Periksa Bagian Seal

Pada power tools yang menggunakan tenaga angin, biasanya terdapat beberapa seal yang berfungsi untuk mencegah kebocoran angin. Untuk itu, periksalah seal-seal tersebut apakah masih bagus atau tidak. Jika sudah aus atau mengeras, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai cara perawatan power tools yang benar untuk menghindari kerusakan dan agar usia power tools tersebut lebih tahan lama. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top