Home » Info Baru » Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Oli ?

Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Oli ?

kapan waktu yang tepat mengganti oli
Cara Mengganti Oli Mesin Honda GX 160

Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Oli ? – Minyak pelumas (oli mesin) memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kinerja pada sebuah mesin. Oleh karena itu, pengecekan dan penggantian minyak pelumas pada mesin harus benar-benar diperhatikan. Supaya mesin tetap memiliki performa yang maksimal dan awet.

Mesin honda GX 160 merupakan mesin yang sering digunakan untuk mesin-mesin produksi. Oleh karena itu, mesin ini terkadang mengalami penyusutan kapasitas oli mesin karena digunakan terus-menerus. Tentu saja hal tersebut akan menimbulkan mesin cepat panas atau bahkan sampai klok (macet).
Untuk menghindari terjadinya klok pada mesin honda GX 160, harus melakukan pengecekan oli mesin secara rutin sebelum menghidupkan mesin tersebut. Yaitu dengan cara membuka tutup lubang pengisian oli mesin dan melihat seberapa tinggi batas level oli mesin yang tertera pada tangkai tutup oli.

Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Oli ?

Jika ketinggian oli mesin berada di bawah batas normal dan oli berwarna hitam pekat, maka harus melakukan penggantian terhadap minyak pelumas tersebut. Dan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian minyak pelumas yaitu 100 jam pemakaian
Untuk melakukan penggantian oli mesin pada mesin penggerak GX 160 sangat mudah dan gampang. Berikut ini merupakan uraian tentang cara mengganti oli mesin honda GX 160.

1. Bukalah baut tap oli (pembuangan oli mesin) yang terletak di bagian bawah kaki mesin. 
2. Kemudian biarkan oli mesin keluar dengan sendirinya. Agar oli mesin dapat mengalir lebih cepat, bukalah tutup pengisian olinya.
3. Semburkan angin melalui lubang pengisian agar oli mesin dapat terbuang dengan sempurna.
4. Pasang kembali baut pembuangan oli mesin. Pasanglah dengan kuat agar tidak terjadi rembesan atau kebocoran minyak pelumas.
5. Tuangkan minyak pelumas baru (SAE 40) dengan menggunakan corong melalui lubang pengisian dengan kapasitas 800 ml.
6. Pasang kembali tutup lubang pengisian oli dan kencangkan dengan menggunakan tang.
Itulah penjelasan singkat mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian minyak pelumas pada mesin GX 160 dan caranya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top