Home » Info Baru » Takaran Oli Samping Mesin Potong Rumput

Takaran Oli Samping Mesin Potong Rumput

takaran+oli+samping+mesin+potong+rumput
Takaran Oli Samping Mesin Potong Rumput

Takaran Oli Samping Mesin Potong Rumput – Mesin potong rumput gendong pada umumnya mengusung mesin 2 tak. Oleh sebab itu, tidak menggunakan oli mesin, tetapi menggunakan bahan bakar bensin campur. Bensin campur itu sendiri merupakan perpaduan antara bensin murni dengan oli samping. Dan untuk mencampurnya, harus dengan takaran yang tepat agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin.

Untuk jenis oli samping yang digunakan pada mesin potong rumput bebas memakai produk apa saja. Yang terpenting adalah oli 2 tak, bukan menggunakan oli mesin 4 tak. Dan perbandingannya harus tepat. Lalu, berapa perbandingan takaran oli samping dan bensin pada mesin potong rumput yang benar? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Takaran Oli Samping Untuk Mesin Potong Rumput

Perbandingan campuran oli samping untuk mesin potong rumput, biasanya telah ditentukan oleh masing-masing produknya. Karena, pada setiap pembelian mesin akan diberikan botol yang dipakai untuk mencampur bahan bakar. Pada botol tersebut, tertera berapa takaran perbandingan untuk percampuran bahan bakar. Dan pada umumnya, perbandingannya adalah 20:1 (20 liter bensin : 1 liter oli samping).

Dengan mengacu pada perbandingan tersebut, maka jika 1 liter bensin akan bercampur dengan 50 mililiter. Namun, banyak teknisi bengkel yang menyimpulkan tentang perbandingan tersebut. Yaitu 1 liter bensin dicampur dengan 3 tutup botol oli samping. Dan hal ini hanya untuk mempermudah ingatan saja, karena pada umumnya tangki bahan bakar mesin potong rumput hanya memiliki kapasitas 1 liter.

Baca Juga :  Fungsi Obeng Plus Dan Min

Dalam mencapur oli samping pada mesin potong rumput memang harus benar-benar diperhatikan. Jika oli samping kurang, maka akan menyebabkan mesin cepat panas. Dan masalah yang paling parah yang disebabkan oleh kurangnya oli samping yaitu silinder blok dan piston rusak yang dapat mengakibatkan mesin gancet.

Begitu juga sebaliknya, jika takaran oli samping terlalu banyak, akan menimbulkan beberapa hal. Seperti mesin berasap pekat, busi menjadi cepat hitam yang menjadikan umur busi tidak lama, dan terjadi endapan pada karburator yang menyebabkan mesin susah dihudupkan. Oleh sebab itu, takaran oli sampin dengan bensin harus benar-benar tepat agar performa mesin dapat maksimal dan komponenya juga lebih awet.

Dengan melihat efek samping yang ditimbulkan dari kesalahan dalam mencampur oli samping, maka takarlah sesuai aturan yang telah ditetapkan. Jangan sampai karena alasan untuk menghemat, maka takaran perbandingan tersebut diabaikan dengan aturan sendiri. Dan jika timbul masalah pada mesin potong rumput, barulah kebingunan mengatasinya.

Demikianlah pembahasan mengenai takaran oli samping untuk mesin potong rumput. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

2 thoughts on “Takaran Oli Samping Mesin Potong Rumput”

  1. Dengan mengacu pada perbandingan tersebut, maka jika 1 liter bensin akan bercampur dengan 200 mililiter.
    Mohon pencerahan, kalau tidak salah 1L=1000mL, jadi kalau 1/20L olie sampingnya jadi 50mL?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top