Home » Info Baru » Fungsi Tang Potong

Fungsi Tang Potong

fungsi+tang+potong
Fungsi Tang Potong

Fungsi Tang Potong – Ada banyak sekali jenis-jenis tang yang ada dibengkel. Salah satu yang paling sering digunakan yaitu tang potong (cutting plier). Fungsi tang potong tersebut adalah untuk memotong benda berukuran kecil. Seperti untuk memotong kawat dan kabel.

Selain itu, tang potong juga sering digunakan untuk membelah plat-plat tipis. Biasanya dipakai di bengkel fablikasi untuk memotong plat aluminium. Namun, ada juga yang menggunakannya untuk membelah fiber yang berukuran tidak begitu tebal.

Kegunaan tang potong yang sangat penting tersebut, menjadikan alat ini selalu ada di bengkel. Entah itu bengkel otomotif atau pun bengkel elektronik. Karena fungsinya yang memang sangat dibutuhkan sebagai alat pemotong dan pembelah.

Bentuk tang potong ini memiliki kedua rahang yang tajam. Dan kedua rahang tersebut berbentuk melengkung mengecil (lonjong) di bagian ujungnya. Sedangkan pada gagangnya dilengkapi dengan karet mentah agar tidak licin dan mudah saat digunakan.

Cara menggunakan tang potong ini mirip seperti gunting. Yaitu dengan membuka rahang dan menempatkan benda yang akan dipotong di antara kedua rahang tersebut. Kemudian untuk melakukan pemotongan dengan cara menekan kedua gagangnya. Jika digunakan untuk membelah penekanan tersebut dilakukan berulang-ulang mengikuti alurnya hingga selesai.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi tang potong. Silahkan share jika bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top