Home » Mesin » Cara Kerja Mesin Genset Diesel

Cara Kerja Mesin Genset Diesel

cara kerja mesin genset diesel
Cara Kerja Mesin Genset Diesel
Cara Kerja Mesin Genset Diesel – Mesin genset diesel adalah jenis mesin genset yang menggunakan bahan bakar solar. Dengan menggunakan mesin penggerak diesel, tentu saja mesin genset ini memiliki tenaga yang lebih kuat daripada mesin genset bensin.

Kapasitas daya listrik yang dihasilkan oleh mesin genset diesel ini juga rata-rata memiliki out put yang tinggi di atas 5000 watt. Sehingga, genset diesel ini biasanya difungsikan untuk menghidupkan alat-alat listrik yang membutuhkan kapasitas daya listrik tinggi, seperti mesin las inverter dan sound system.

Cara Kerja Mesin Genset Diesel

Cara kerja mesin genset diesel ini sama seperti jenis genset lainnya. Yaitu mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Berawal dari bahan bakar solar yang digunakan sebagai langkah usaha pada mesin diesel, kemudian menghasilkan putaran yang digunakan untuk memutar rotor generator.

Rotor generator yang berputar di dalam stator akan menghasilkan daya elektromagnetik yang kemudian di stabilkan oleh AVR genset. Sehingga tegangan yang keluar dari generator genset berupa aliran AC 220 volt yang siap untuk disalurkan ke alat-alat listrik yang membutuhkannya.

Mesin genset diesel ini memiliki beberapa komponen utama yang digunakan untuk membentuk prinsip kerjanya. Komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing yang berbeda. Tetapi prinsip kerjanya hanya satu, yaitu menghasilkan energi listrik.  Dan diantara komponen mesin genset diesel yang paling berperan dalam menghasilkan energi listrik adalah seperti yang akan diuraikan sebagai berikut.

1. Mesin Penggerak

Mesin penggerak pada mesin genset diesel yaitu mesin diesel dengan bahan bakar solar. Cara kerja mesin penggerak diesel ini yaitu mengubah energi bahan bakar menjadi gerak mekanik berupa putaran. Putaran tersebut nantinya akan memutar rotor pada generator.

2. Generator

Generator merupakan komponen dari mesin genset diesel yang berfungsi sebagai penghasil energi listrik. Cara kerja dari generator ini adalah rotor yang berputar pada lilitan tembaga dan medan magnet, akan menghasilkan daya elektromagnetik yang kemudian menjadi energi listrik yang keluar dari generator.

3. AVR

AVR merupakan komponen mesin genset diesel yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan arus listrik. Arus listrik yang dihasilkan oleh generator genset, akan diterukan menuju AVR. Di dalam AVR ini tegangan listrik akan dikontrol dan menghasilkan arus listrik yang stabil.

Demikianlah uraian mengenai cara kerja mesin genset diesel. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top