Mesin Mesin Pembuat Susu Kedelai ( Sule ) Dan Cara Penggunaannya

Mesin Pembuat Susu Kedelai ( Sule ) Dan Cara Penggunaannya

mesin pembuat susu kedelai dan cara penggunaannya
Mesin Pembuat Susu Kedelai Dan Cara penggunaannya

Mesin Pembuat Susu Kedelai ( Sule ) Dan Cara Penggunaannya – Mesin susu kedelai atau yang sering disebut dengan sule, merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk menggiling kedelai yang akan diproses menjadi susu kedelai. Mesin yang menggunakan elektromotor sebagai sumber penggeraknya ini, banyak digunakan oleh para pengusaha dan pedagang susu kedelai di kalangan menengah kebawah.

Selain praktis, mesin ini juga sangat mudah dalam penggunaan dan perawataanya. Karena memang telah didesain sedemikian rupa agar tidak menyulitkan penggunanya. Sehingga pengoperasiannya pun sangat simple dan sederhana.

Mesin Pembuat Susu Kedelai ( Sule ) Dan Cara Penggunaannya

Cara penggunaan mesin susu kedelai ini sangat mudah. Kita hanya cukup menancapkan kabel power mesin tersebut dan menekan saklar ke posisi ON, maka mesin pembuat susu kedelai ini siap digunakan untuk memproduksi susu kedelai. 
Untuk pengaturan lembut dan kasar hasil penggilingan kedelai, kita dapat mengaturnya dengan memutar tuas yang terletak di bagian atas mesin tersebut. Jika tuas pengaturan diputar ke kiri, maka hasil sisa penggilingan kedelai agak kasar. Namun jika tuas pengaturan tersebut diputar ke kanan, maka hasil sisa penggilingan kedelai akan semakin halus.

Hal yang harus diperhatikan ketika mengatur tuas penyetelan tersebut yaitu jangan sampai memutar tuas pengaturan tersebut terlalu dalam, sehingga akan mengakibatkan mesin susu kedelai tersebut tidak dapat berputar saat dihidupkan.

Untuk melakukan proses penggilingan, pertama kita harus merendam terlebih dahulu kedelai yang akan digiling sekitar semalam, agar kedelai menjadi lunak saat digiling. Setelah direndam, barulah digiling dengan mesin susu kedelai tersebut. Kemudian barulah kita merebus hasil sulingan air kedelai tersebut.

Selain itu, sisa hasil gilingan kedelai ( ampas kedelai ) juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan pakan ternak unggas. Sehingga kita juga dapat meraih due keuntungan sekaligus jika menggunakan mesin susu kedelai ini.

Untuk proses pembersihan mesin susu kedelai ini juga tidak begitu sulit. Hanya cukup menuangkan air panas ke dalam lubang penggilingan sampai semua kotoran sisa gilingan kedelai keluar dari lubang pengeluaran mesin tersebut.

Atau kita bisa membongkar bagian atas dari mesin tersebut dan mengambil saringannya. Kemudian mencuci dengan air panas sampai bersih agar mesin susu kedelai tersebut tidak berbau ketika akan digunakan kembali.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *