Home » Mesin » 10 Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

10 Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

perbedaan+mesin+diesel+dan+mesin+bensin
10 Perbedaan Utama Mesin Diesel Dan Mesin Bensin
10 Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin – Berdasarkan jenis bahan bakarnya, mesin dibedakan menjadi dua, yaitu mesin diesel dan mesin bensin. Perbedaan utama dari kedua jenis mesin tersebut adalah mesin diesel menggunakan bahan bakar solar, sedangkan mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin.

Dengan melihat bahan bakarnya saja, kita sudah dapat mengetahui mana yang mesin diesel dan mana yang mesin bensin. Namun, masih ada beberapa hal lain yang dapat dijadikan petunjuk untuk dalam menemukan perbedaan antara mesin diesel dan mesin bensin. Yaitu seperti yang akan dibahas berikut ini.

10 Perbedaan Antara Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

Untuk membedakan antara mesin diesel dan mesin bensin, ada beberapa acuan yang dapat kita lihat, diantaranya yaitu :

1. Busi

Komponen yang satu ini sangat jelas untuk mengetahui jenis mesin. Karena, busi ini hanya terdapat pada mesin bensin dan tidak dimiliki oleh mesin diesel. Oleh sebab itu, jika mesin menggunakan busi, maka sudah pasti itu adalah mesin bensin.

2. Suara Mesin

Mesin bensin terkenal memiliki suara yang lebih halus dibandingkan mesin diesel. Hal ini memang benar adanya, karena torsi mesin diesel lebih besar dari pada mesin bensin. Oleh sebab itu, mesin diesel sangat populer memiliki tenaga yang lebih unggul dari pada mesin bensin.

3. Karburator

Hal ini juga sangat jelas untuk membedakan antara mesin diesel dan mesin bensin. Pada intake mesin bensin, terdapat karburator yang menyuplai udara dan bensin ke ruang bakar. Sedangkan pada mesin diesel, intake hanya berfungsi sebagai pemasok udara bersih dari luar.

4. Getaran

Getaran yang dihasilkan oleh mesin diesel memang jauh lebih terasa dibandingkan mesin bensin. Hal tersebut disebabkan oleh sebagian besar komponen mesin diesel terbuat dari material yang berat dan kuat. Sehingga, getaran yang dihasilkan oleh kompresi mesin sangat besar.

5. Keiritan Bahan Bakar

Dilihat dari segi pemasokan bahan bakar, ternyata mesin diesel lebih irit dibanding dengan mesin bensin. Selain itu, sudah bukan rahasia lagi jika harga bensin lebih mahal dari pada solar.

6. Akselerasi

Untuk masalah akselerasi dan kecepatan, sudah pasti jika mesin bensin lebih unggul. Hal ini disebabkan oleh komponen-komponen mesin bensin yang sebagian besar terbuat dari material yang ringan.

7. Kekuatan Dan Ketahan

Untuk masalah kekuatan maupun ketahanan, mesin diesel dapat diunggulkan dari pada mesin bensin. Hal ini terbukti pada kendaraan bermesin diesel lebih kuat di tanjakan. Begitu juga pada saat melintas di genangan air, pastinya mesin diesel lebih aman karena jalur kelistrikan yang terdapat pada mesin lebih sedikit dari pada mesin bensin.

8. Perawatan

Perawatan pada mesin bensin bisa dikatakan lebih mudah dari pada mesin diesel. Hal ini disebabkan karena pembakaran menggunakan bahan bakar solar yang menyisakan kerak lebih pekat di dalam silinder head. Sehingga, mesin diesel perlu perawatan ektra dibanding mesin bensin.

9. Polusi Udara

Untuk masalah keramahan lingkungan, memang mesin diesel dikenal mengeluarkan asap lebih banyak dibanding mesin bensin. Namun, menurut perkembangannya, inovasi terus dilakukan guna mengurasi polusi udara pada mesin diesel.

10. Harga

Ini yang paling umum dirasakan ketika hendak membeli mesin. Dimana harga mesin diesel memang jauh lebih mahal dibandingkan mesin bensin. Dan tentunya ini sangat nyata jika melihat keunggulan diantara kedua jenis mesin tersebut.

Itulah beberapa perbedaan utama antara mesin diesel dan mesin bensin. Semoga bisa dijadikan wawasan yang bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top